detikhealth

Artikel 18+

'Baper' Setelah Bercinta Juga Terjadi pada Laki-laki

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Minggu, 19/03/2017 19:13 WIB
Baper Setelah Bercinta Juga Terjadi pada Laki-lakiFoto: thinkstock
Jakarta, Post-coital dysphoria (PCD) atau munculnya rasa sedih yang mendalam usai bercinta kerap dialami oleh perempuan. Siapa sangka, keluhan yang sama juga banyak dialami oleh laki-laki.

"Ada bukti anekdotal bahwa PCD bukan hal yang langka baik pada laki-laki maupun perempuan," kata Robert Schweitzer, peneliti dari Queensland University of Technology.

Bersama tim penelitinya, Schweitzer tengah menginvestigasi seberapa sering PCD dialami oleh pasangan di Australia. Selama ini, keluhan tersebut lebih banyak dilaporkan terjadi pada perempuan saja.

Sebelumnya, Schweitzer pernah mengungkap bahwa hampir 50 persen perempuan di Australia mengalami PCD. Kondisi tersebut menyebabkan para perempuan pernah larut dalam emosi kesedihan yang mendalam, sesaat setelah bercinta.

Baca juga: Bukannya Gembira, Sebagian Wanita Justru Mengharu-biru Selepas Bercinta

Dalam beberapa tahun terakhir, Schweitzer juga mendengar sejumlah keluhan serupa dari pasien laki-laki. Mereka mengalami depresi yang dalam hingga berjam-jam setelah berhubungan seks.

"Ada rentang lebar terkait respons dalam periode sesaat setelah aktiitas seksual, yang dikenal sebagai fase resolusi," kata Schweitzer, dikutip dari Sciencealert.

Pada fase tersebut, sebagian orang lebih suka berpelukan. Sebagian lainnya lebih suka menyendiri, dan ada sebagian yang mengalami post sex blues, yang dirasakan sebagai rasa sedih.

Baca juga: Mendadak Sakit Kepala Saat Bercinta, Mungkin Ini Penyebabnya (up/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit