detikhealth

Melatih Anak Berkebutuhan Khusus Berkomunikasi Penting, Ini Alasannya

Puti Aini Yasmin - detikHealth
Senin, 20/03/2017 07:41 WIB
Melatih Anak Berkebutuhan Khusus Berkomunikasi Penting, Ini AlasannyaFoto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta, Melatih anak berkomunikasi dengan orang lain penting dilakukan. Dengan begitu, anak bisa terbiasa berinteraksi dengan orang lain. Terlebih, jika si anak memiliki kebutuhan khusus.

Menurut Rosdiana Setyaningrum MPsi MHPEd, komunikasi bagi anak berkebutuhan khusus (ABK) merupakan hal yang sangat penting. Sebab, komunikasi dikatakannya sebagai kebutuhan dasar yang harus dimiliki setiap anak sebelum melangkah ke hal yang lain.

"Misalnya saja anak mau sekolah pasti harus bisa komunikasi. Minimal anak jadi bisa mengekspresikan apa yang dia mau aja deh," kata Diana di sela-sela konferensi pers peluncuran App Spokle di Mercure Hotel, Jalan Cikini Raya, Jakarta Pusat, baru-baru ini.

Baca juga: Pentingnya Terapi Sejak Dini pada Anak Berkebutuhan Khusus

Dengan komunikasi yang baik, maka lingkungan juga akan mengerti anak tersebut. Selain itu, Diana menjelaskan, komunikasi yang tidak baik pada ABK dapat menimbulkan masalah.

"Berdasarkan pengalaman saya itu bisa menimbulkan banyak masalah psikologi. Seperti, anak sering tantrum karena kemampuan bahasanya sedikit dan emosinya banyak," sambung Diana.

Diana mengatakan, anak tersebut tidak dapat mengungkapkan apa yang ia mau karena keterbatasan bahasa. Sehingga sang anak pun menangis dan marah.

"Bayangkan hal sepert itu bisa buat anak frustasi, orang tua juga frustasi dan nambah masalah kan," imbuh wanita lulusan Universitas Indonesia ini.

Nah, untuk itu Diana menyarankan orang tua untuk memberikan stimulasi seperti bermain bersama. Dengan begitu anak akan lebih paham dan mengenal banyak bahasa.

"Dia akan mengerti 'oh nangis atau marah bukan cara yang baik untuk mengekspresikan perasaan'. Jadi anak lebih paham komunikasi dan memilih cara yang lain untuk mengekspresikan (apa yang dia rasakan)," pungkas Diana.

Baca juga: Memahami Anak yang Lebih Nyaman Curhat ke Teman Ketimbang Ortu(rdn/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit
 
Must Read close