detikhealth

2019, Pasien Kanker Payudara Bisa Dapat Biosimiliar dengan Harga Murah

Avitia Nurmatari - detikHealth
Senin, 20/03/2017 11:05 WIB
2019, Pasien Kanker Payudara Bisa Dapat Biosimiliar dengan Harga MurahFoto: Thinkstock
Bandung, Pasien kanker payudara harus merogoh kocek dalam untuk pengobatan. Saat ini satu dosis obat biosimilar dibanderol sekitar Rp 25 juta. Namun di 2019 mendatang PT Bio Farma bakal meluncurkan obat biosimilar dengan harga di bawah Rp 10 juta.

Menurut Project Integration Manager of Product Development Division PT Bio Farma (Persero), Erman Tritama, untuk memproduksi obat biosimilar ini tidak seperti memproduksi vaksin. Obat biosimilar bisa diproduksi oleh perusahaan yang hanya memiliki hak paten.

"Hak paten yang dimiliki produsen saat ini akan berakhir pada 2019," ujar Erman dalam Media Gathering Bio Farma Contribution to The World di Glamping Lakeside Rancabali, Minggu (19/3/2017).

Saat ini harga Biosimiliar kanker payudara per dosisnya cukup fantastis yakni Rp 25 juta. Setiap penderita kanker payudara minimal harus melakukan lima kali terapi Biosimilar. Artinya, diperlukan biaya minimal Rp 125 juta.

Kabar baiknya, Biosimiliar keluaran Bio Farma ini rencananya dibanderol sekitar Rp 7,5 juta.

"Sesuai dengan kebijakan, harganya 30 persen dari harga yang dibanderol produsen saat ini," kata Erman.

Baca juga: PT Bio Farma Bakal Keluarkan Vaksin Pencegah Tifoid pada 2019

Obat biosimilar ini, lanjut Erman, diharapkan bisa memenuhi kebutuhan pasien kanker di Indonesia dengan harga yang murah sehingga tidak terlalu membebani pasien penyakit kanker.

"Targetnya untuk lokal dulu. Produksinya sekitar 20 juta dosis per tahun," tambahnya.

Selain memproduksi obat biosimilar, di tahun 2019 juga Bio Farma bakal meluncurkan tiga vaksin prioritas yakni vaksin tifoid konjugat, ratovirus, dan pneumo.

Baca juga: Penggunaan Obat Biosimilar dari Makhluk Hidup akan Diatur (avi/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit
 
Must Read close