Robert Koch: Penemu Bakteri TBC

Meski Berpenyakit Langka, Atlet Ini Juarai Kompetisi Senam Lantai

Rahma Lillahi Sativa - detikHealth
Senin, 20/03/2017 11:41 WIB
Meski Berpenyakit Langka, Atlet Ini Juarai Kompetisi Senam LantaiFoto: Twitter/Macy Toronjo
California, Macy Toronjo adalah seorang atlet senam berprestasi. Namun pada bulan September lalu, penglihatannya mendadak menjadi buram. Dikiranya itu karena dehidrasi karena ia baru saja menjalani latihan yang cukup berat.

Namun selepas beristirahat, keesokan paginya Macy justru tak bisa melihat apapun. "Ini adalah hal terburuk yang pernah saya alami. Saya tak tahu ini kenapa, dan saya harus berbuat apa," katanya.

Tak berapa lama Macy didiagnosis dengan sebuah kondisi yang disebut Vogt-Koyanagi-Harada (VKH). Karena kelangkaannya, peneliti baru sebatas hanya menduga bahwa ini adalah semacam penyakit autoimun yang berdampak langsung pada mata, kulit dan rambutnya.

VKH umumnya terjadi pada orang Asia dan keturunan Spanyol, dengan hilangnya penglihatan sebagai gejala paling menonjol, di samping mual, dan alopecia atau kerontokan rambut yang buruk.

"Kami bahkan tidak pernah mendengar kondisi ini sebelumnya, jadi kami tak tahu seperti apa prognosisnya nanti," timpal pelatih Macy, Valerie Kondos Field.

Baca juga: Alergi Olahraga, Remaja Ini Malah Sabet Medali Senam
Meski Berpenyakit Langka, Atlet Ini Juarai Kompetisi Senam LantaiFoto: Fox Sport

Macy kemudian menjalani pengobatan intensif dengan steroid. Penglihatannya memang membaik, tetapi pengobatan ini membuat Macy mengalami kelelahan hebat, sehingga ia tak lagi bisa melanjutkan rutinitas latihannya.

Empat bulan lamanya gadis berumur 19 tahun itu nyaris tak bisa berbuat apa-apa. "Obat-obatan itu membuat saya super kelelahan dan keadaannya menjadi sangat buruk," tuturnya seperti dilaporkan The Daily Bruin.

Tetapi ini bukan cobaan pertama yang pernah dilalui Macy. Gadis asal Westwood, California itu pernah mengalami nyeri kronis di bahunya. Namun dengan tekun, ia mengikuti program rehabilitasi dan perlahan merasakan bahunya membaik. Hal ini ia lakukan lagi ketika kebutaan dan VHS menyerangnya.


Sembari menahan sakit, Macy tetap berlatih dan akhirnya dianggap mampu kembali ke pentas kompetisi pada Januari silam. Ia turun ke lantai senam bersama timnya, UCLA melawan tim dari Bridgeport dan Utah State.

Tak disangka, ia mendapatkan skor yang tinggi dari dewan juri, yaitu mencapai 9,9 alias nyaris sempurna.

"Apa yang Anda lihat di luar tidak memperlihatkan apa yang sebenarnya terjadi di dalamnya. Itulah Macy dan tekadnya, menjadikannya atlet yang luar biasa," puji sang pelatih.

Baca juga: Meski Fisik Lemah karena Kelainan Genetika, Habibie Berhasil Tulis Buku Kedua(lll/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit