detikhealth
Konsultasi Kulit dan Kelamin
dr I Gusti Nyoman Darmaputra, SpKK

DNI SKIN CENTRE
Jalan Raya Puputan 70, Renon, Denpasar-Bali
www.skincentrebali.com
Dosen Ilmu Kesehatan Kulit dan Kelamin FK UNUD/RSUP Sanglah

Kulit Tampak Kusam pada Bagian Wajah, Tangan, dan Kaki

Selasa, 21/03/2017 13:50 WIB
Kulit Tampak Kusam pada Bagian Wajah, Tangan, dan KakiFoto: ilustrasi/thinkstock
Saya selalu merasa ada yang berbeda pada jenis kulit saya yang selalu tampak kusam pada wajah, tangan, serta kaki. Padahal pada leher, badan dan paha saya tidak tampak kusam (normal) dan keseharian saya selalu memakai pakaian tertutup seperti celana panjang.

Seperti yang saya ketahui jenis kulit saya adalah jenis kulit berminyak pada bagian wajah, dan apakah hal tersebut juga berpengaruh pada areal tangan dan kaki Dok? Padahal saya sering memakai lotion pemutih serta scrub pencerah kulit tetapi hasilnya tidak ada padahal saya jarang sekali berhadapan langsung dengan panas sinar matahari dikarenakan pekerjaan saya mengharuskan saya tetap stay di kantor. Mohon masukannya terkait hal tersebut.

Handoko (Laki-laki, 28 tahun)

Jawaban

Pagi Handoko,

Untuk penyebab kusam pada wajah kemungkinan karena sel kulit mati yang menumpuk sehingga terlihat kusam. Untuk penanganan sebaiknya menggunakan krim perawatan dan treatment yang dapat mengangkat sel kulit mati. Jangan khawatir kulit menjadi tipis, karena kulit akan menumpuk lagi dalam 14-20 hari.

Untuk tangan dan kaki kemungkinan bukan dari faktor matahari. Penggunaan produk pemutih yang berlebihan kadang menyebabkan kulit menjadi iritasi ringan dan kering sehingga terlihat kusam. Sebaiknya rutin menggunakan pelembab untuk menjaga kadar air di kulit sehingga kulit menjadi lebih lembab dan lembut.

dr I Gusti Nyoman Darmaputra, SpKK
DNI Skin Centre
Jalan Raya Puputan 70, Renon, Denpasar-Bali
www.skincentrebali.com(hrn/up)


 
Berita Terkait

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit