detikhealth
Konsultasi Seksologi
Dr. Andri Wanananda MS

Anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Asosiasi Seksologi Indonesia (ASI) serta pengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanegara Jakarta.
Artikel 18+

Istri Merasa Tak Nyaman Bila Suami Pakai Kondom

Kamis, 23/03/2017 18:24 WIB
Istri Merasa Tak Nyaman Bila Suami Pakai KondomIlustrasi kondom/(Foto: pederk, iStockphoto via Australia Plus)
Kenapa ya Dok, saya tidak pernah nyaman kalau suami menggunakan kondom. Sudah pakai kondom dotted gitu juga, menurut saya nggak bikin lebih nyaman.

Anak kami baru satu, umurnya satu tahun, dan kami belum berencana tambah momongan. Kami sepakat tidak akan menggunakan alat KB (keluraga berencana) selain kondom. Tapi karena saya nggak nyaman kalau suami pakai kondom, kadang kami tidak menggunakan dan ejakulasi dilakukan di luar Miss V.

Ada saran Dok? Dan kenapa saya merasa nggak nyaman ya? Sementara sepertinya teman saya nyaman-nyaman saja kalau suaminya pakai kondom.

Gy (Perempuan, 32 tahun)

Jawaban

Setiap pasangan hendaknya pilih cara kontrasepsi yang nyaman untuk keduanya dan bisa menjamin terhindar dari kehamilan. Bila Anda merasa tidak nyaman dengan kondom, pilih kontrasepsi lain: pil KB, suntik KB, spiral (intra uterine device), implant atau tubektomi.

Cara koitus terputus (coitus interuptus), seperti Anda dan suami lakukan; di mana sperma dikeluarkan di luar vagina, amat rawan untuk terjadinya kehamilan.

Dr. Andri Wanananda MS
Anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Asosiasi Seksologi Indonesia (ASI) serta pengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara Jakarta.(hrn/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit