detikhealth

Konsultasi Psikologi Seks dan Perkawinan
Wulan Ayu Ramadhani, M. Psi

Psikolog Perkawinan dan Keluarga di Klinik Rumah Hati
Twitter: @wulanayur dan @twitpranikah
http://pranikah.org/

Pria Lajang yang Risi karena Didekati Ibu Beranak Satu

Suherni Sulaeman - detikHealth
Sabtu, 25/03/2017 13:06 WIB
Pria Lajang yang Risi karena Didekati Ibu Beranak SatuFoto: Ilustrasi/thinkstock
Jakarta, Mbak, saya punya teman laki-laki usianya enam tahun di atas saya. Teman saya punya teman perempuan (sebut saja Mbak M) sudah berkeluarga dan beranak satu. Anaknya masih sekolah dasar.

Sekitar setahun yang lalu, Mbak M pernah ngajak saya nonton bioskop, tapi saya tolak. Terus kemarin sore, kami ketemu lagi di rumah teman laki-laki saya tadi. Malamnya, Mbak M kembali chat ke saya nggak jelas, malu-malu gitu.

Terus tadi pagi beliau mengatakan bahwa ingin dekat dengan saya. Katanya beliau ngefans sama saya. Terus dia sempat menawari 'pengen sedekat apa?' Kan saya jadi takut. Dan kembali ngajak ke bioskop lagi. Mbak M selalu bilang 'tolong di keep ya obrolannya'.

Apakah masalah yang dialami ibu muda itu Mbak? Dan langkah apa yang harus saya ambil agar tidak terjadi masalah di keluarganya. Terimakasih.

A (Laki-laki, 23 tahun)

Jawaban

Dear Mas A,

Apa yang membuat Anda merasa bahwa Anda dapat menimbulkan permasalahan di dalam keluarga Mbak M? Apa yang Anda lakukan saat ini, yang membuat Anda berpikir dapat menimbulkan permasalahan?

Dekat dengan perempuan yang sudah memiliki pasangan tentu dapat menimbulkan beberapa konsekuensi. Misalnya, kebersamaan Anda dan Mbak M lama kelamaan memunculkan perasaan sayang, dan sulit untuk saling melepaskan diri, padahal hubungan kalian kemungkinan besar tidak dapat dilakukan. Kemungkinan lain, dengan Anda masih menanggapi ajakannya, Mbak M memiliki persepsi bahwa Anda tertarik dengan dirinya. Kemungkinan yang ekstrem dan bisa saja terjadi adalah pasangan Mbak M mengetahui hubungan kalian, dan akhirnya keselamatan Anda terancam.

Jika memang Anda tidak nyaman dan merasa takut, tidak ada salahnya Anda mulai menjaga jarak dan tidak selalu mengiyakan ajakannya. Kalaupun saat ini Anda tidak bisa menolak, hindari untuk pergi hanya berdua saja dengannya. Saat ini, ketimbang memikirkan apa yang bisa Anda lakukan agar mbak M tidak bermasalah dengan keluarganya, sebaiknya tanyakan dulu pada diri Anda apa yang membuat Anda tetap mengiyakan ajakan Mbak M, meskipun kondisi tersebut membuat Anda tidak nyaman? Apa yang Anda rasakan? Hal ini bisa Anda lakukan untuk menghindari Anda terjebak pada situasi yang sama di kemudian hari.

Wulan Ayu Ramadhani, M. Psi
Psikolog Perkawinan dan Keluarga di Klinik Rumah Hati
Jl. Muhasyim VII no. 41, Cilandak, Jakarta Selatan
Twitter: @wulanayur dan @twitpranikah
http://pranikah.org/(hrn/vit)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit