detikhealth

Wali Kota Cilegon Curhat ke Menkes Ingin Dirikan Rumah Sakit Baru

M Iqbal - detikHealth
Sabtu, 01/04/2017 18:17 WIB
Wali Kota Cilegon Curhat ke Menkes Ingin Dirikan Rumah Sakit BaruIlustrasi rumah sakit (Foto: Hasan Alhabshy)
Cilegon , Pada Peringatan Hari TB Sedunia, Wali Kota Cilegon, Tb Iman Ariyadi curhat kepada Menteri Kesehatan Nila F Moeloek ingin mendirikan dua rumah sakit baru di wilayahnya. Hal itu dikatakannya saat melakukan video conference.

"Saya juga ingin menyampaikan satu aspirasi dari kami kepada Ibu Menteri mudah-mudahan ini penting, kebetulan Cilegon ingin mendirikan rumah sakit Tipe D di dua tempat," kata Iman di Rumah Dinas Walikota Cilegon, Sabtu (1/4/2017).

Rencananya, rumah sakit tipe D itu akan dibangun di Kecamatan Pulomerak dan Kecamatan Ciwandan. Alasan memilih kedua tempat tersebut, lanjut Iman, karena di Kecamatan Pulomerak merupakan salah satu wilayah padat penduduk.

"Di Kecamatan Pulomerak karena di situ padat sekali penduduknya, dan yang kedua karena di situ ada ASDP penyeberangan (Merak). Jadi banyak sekali masyarakat yang membutuhkan rumah sakit di situ," paparnya.

Baca juga: Di Makassar, 86 Persen Pelayanan Puskesmas Dilakukan di Rumah

Kemudian, di Kecamatan Ciwandan lantaran banyak berdiri industri, hal itu menyebabkan kesehatan masyarakat menjadi rentan akibat dampak dari industri.

Pemkot juga sudah menyediakan lahan untuk pembangunan rumah sakit tersebut. Iman sengaja mengatakan langsung keinginannya di hadapan Menkes lantaran kurangnya biaya.

"Ibu Menteri mohon maaf, tanahnya sudah ada, karena APBD Cilegon sangat minim sekali angkanya 1,9 triliun. Oleh karena itu saya membutuhkan bantuan dari Ibu Menteri Kesehatan agar dua rumah sakit tipe D di Kecamatan Pulomerak dan Ciwandan bisa diwujudkan dengan baik," pungkasnya.

Baca juga: Dokter Kandungan Ini Sudah 68 Tahun Beri Layanan Gratis

(vit/vit)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit