detikhealth

Wabah Flu Burung di China Masih Berlanjut, Penjualan Unggas Dihentikan

Muhamad Reza Sulaiman - detikHealth
Senin, 03/04/2017 13:34 WIB
Wabah Flu Burung di China Masih Berlanjut, Penjualan Unggas DihentikanFoto: Thinkstock
Jakarta, Wabah flu burung masih berlanjut di China. Otoritas kesehatan provinsi Hunan melaporkan adanya 6 kasus infeksi flu burung baru di pekan terakhir bulan Maret 2017, dengan 1 orang pasien meninggal.

Hal ini membuat penjualan unggas hidup di Changsha, ibukota provinsi Hunan, dihentikan sementara oleh otoritas setempat. Pemberhentian dilakukan sejak tanggal 17 Maret 2017 hingga waktu yang belum ditentukan.

Iklim dingin dan basah di Hunan menyebabkan virus H7N9 dapat berkembang biak dan menyebar dengan cepat. Sejak Oktober 2016, total sudah 162 pasien manusia meninggal akibat infeksi H7N9.

"Pelarangan penjualan unggas hidup ini dimaksudkan sebagai langkah pencegahan penyebaran virus H7N9, baik dari unggas ke unggas maupun unggas ke manusia," demikian pernyataan otoritas Hunan, dikutip dari Reuters.

Baca juga: Di Tahun 2017, Kemenkes Bersiap Hadapi Kembalinya Ancaman Flu Burung

Tingginya angka kematian ini membuktikan penyebaran virus flu burung H7N9 pada manusia selama ini memang tidak menimbulkan gejala khusus. Hal yang sama juga terlihat pada unggas, di mana virus H7N9 tidak memiliki gejala seperti virus flu burung pada umumnya.

Sebagai perbandingan, 147 orang meninggal pada tahun 2010 akibat virus flu burung H1N1. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan investigasi soal mengapa penyebaran kasus ini masih tinggi terus berjalan.

Virus H7N9 sendiri merupakan virus yang sulit menular dari manusia ke manusia. Hal ini membuat otoritas China masih memprioritaskan penghentian perdagangan unggas dan pemusnahan unggas yang tergolong berisiko terinfeksi flu burung.

Kebanyakan dari kasus yang dikonfirmasi datang dari daerah Selatan dan pesisir China. The Center for Infectious Disease Research and Policy (CIDRAP) di University of Minnesota memperkirakan setidaknya di musim dingin ini ada 347 kasus infeksi H7N9 di China.

Baca juga: WHO Siap-siap Hadapi Kembalinya Wabah Flu Burung di Dunia


(mrs/vit)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit