detikhealth

Konsultasi Psikologi Seks dan Perkawinan
Wulan Ayu Ramadhani, M. Psi

Psikolog Perkawinan dan Keluarga di Klinik Rumah Hati
Twitter: @wulanayur dan @twitpranikah
https://pranikah.org/

Mengatasi Takut dan Cemas Saat Berhubungan Intim

Suherni Sulaeman - detikHealth
Selasa, 04/04/2017 15:45 WIB
Mengatasi Takut dan Cemas Saat Berhubungan IntimFoto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta, Mbak, saya mau bertanya kenapa setiap saya mau berhubungan badan selalu ada perasaan cemas dan takut. Padahal sudah sering kami berhubungan badan. Terimakasih.

D (Perempuan, 28 tahun)

Jawaban

Dear Mbak D,

Tidak sedikit perempuan yang merasa takut saat berhubungan badan, bahkan untuk kesekian kalinya. Padahal, semakin takut, biasanya vagina menjadi tegang dan tidak bisa mengeluarkan cairan lubrikasi dan akhirnya hubungan badan menyebabkan rasa sakit, sehingga tidak bisa menikmati aktivitas bercinta.

Untuk menentukan penyebab ketakutan dan kecemasan Anda, tentu saja membutuhkan banyak informasi untuk memetakan permasalahannya. Penyebab seseorang mengalami kecemasan dan ketakutan saat mau berhubungan badan banyak sekali penyebabnya. Beberapa diantaranya adalah ketakutan akan rasa sakit saat berhubungan, pernah mengalami trauma pelecehan seksual, ketakutan akan hamil, tidak percaya diri dengan bentuk tubuh, tidak percaya diri bisa memuaskan pasangan, atau adanya informasi bahwa aktivitas seks menyakitkan, sedang ada permasalahan dengan pasangan, adanya paksaan dalam melakukan hubungan badan, dsb.

Jika kecemasan dan ketakutan ini mulai mengganggu hubungan Anda dan pasangan, sebaiknya konsultasikan dengan Seksolog atau Psikolog Klinis Dewasa untuk memetakan permasalahan. Bisa saja kecemasan dan ketakutan Anda berasal dari hal lain yang tidak Anda sadari dan terbawa saat Anda berhubungan badan dengan pasangan.

Wulan Ayu Ramadhani, M. Psi
Psikolog Perkawinan dan Keluarga di Klinik Rumah Hati
Jl. Muhasyim VII no. 41, Cilandak, Jakarta Selatan
Twitter: @wulanayur dan @twitpranikah
https://pranikah.org/(hrn/vit)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit
 
Must Read close