detikhealth

Diet Experience

Makan Malam dengan Kentang Rebus, Yus Sukses Turunkan Bobot 15 Kg

Yus Kristina - detikHealth
Selasa, 04/04/2017 16:04 WIB
Before
After
Malang - Tak sekadar makan, memilih menu dan porsi yang pas juga sangat penting untuk membantu proses penurunan berat badan. Yus Kristina (22) paham akan hal ini, sehingga ia pun memutuskan untuk mengubah pola makan dan mulai rutin berolahraga.

Benar saja, dalam waktu beberapa bulan berat badannya yang semula 75 kg berhasil turun menjadi 60 kg. Kini ia pun jadi jauh lebih percaya diri dan mengaku jadi lebih mudah mencari pakaian dengan ukuran tubuhnya. Kepada detikHealth, ia menceritakan kisah lengkap dietnya, berikut seperti ditulis pada Selasa (4/4/2017):

Saya sudah bertubuh tambun sejak masih sekolah dasar, sampai akhirnya saat lulus SMA berat badan saya mencapai 75 kg. Saya yang awalnya tidak terlalu memikirkan berat badan, lama-kelamaan jadi terpikirkan juga. Apalagi beberapa kegiatan saya terganggu dan saya juga kesulitan mencari baju-baju yang cocok ukurannya saat ada kegiatan di kampus. Akhirnya saya pun memutuskan untuk berdiet.

Liburan semester ganjil tidak saya sia-siakan untuk mulai berdiet. Awal program ini saya lakukan dengan membiasakan pola makan sehat. Pagi saya sarapan dengan lima sendok nasi dan sayur bening, serta minum teh hangat yang tidak terlalu manis. Nasi biasanya saya ganti juga dengan nasi jagung.

Selain makan sehat, saya juga memulai pagi saya dengan olahraga ringan selama 30 menit. Siang hari saya juga berolahraga 30 menit dan saya makan buah-buahan. Begitupun malam hari, saya akan makan kentang rebus dan minum air putih hangat, tak lupa dengan olahraga ringan 30 menit.

Aktivitas tersebut saya lakukan berulang-ulang, namun agar tidak terjadi olahraga yang berlebihan, setiap hari Minggu saya gunakan untuk beristirahat total. Intinya saya menjaga pola makan dan mengurangi konsumsi makanan yang mengandung gula berlebih dan asin-asinan. Saya juga memperbanyak minum air putih dan berolahraga rutin.

Dan akhirnya berat badan saya turun 15 kg! Aktivitas saya menjadi tidak terganggu lagi, jadi lebih percaya diri. Jujur awal masuk kuliah saya minder soalnya saya bertubuh paling tambun di kelas saya. Tapi dengan niat dan berusaha saya akhirnya bisa menurunkan berat badan dan lebih bugar. Saat ini berat badan saya masih 60 kg dan ini adalah salah satu pencapaian terbesar dalam hidup saya. Terima kasih hidup sehat.

Baca juga: Rahasia Yunita Turun Berat Badan 10 Kg: Buah Jadi Camilan



(ajg/vit)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit