detikhealth
Konsultasi Seksologi
Dr. Andri Wanananda MS

Anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Asosiasi Seksologi Indonesia (ASI) serta pengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanegara Jakarta.
Artikel 18+

Mengapa Mr P Terasa Sakit Saat Bercinta di 'Ronde' ke-2?

Selasa, 04/04/2017 18:22 WIB
Mengapa Mr P Terasa Sakit Saat Bercinta di Ronde ke-2?Foto: thinkstock
Ada yang bilang kalau untuk melalukan ereksi yang berikutnya setelah ejakulasi akan susah. Tapi saya setelah ejakulasi, hanya dengan sekali rangsangan, sudah ereksi kembali. Namun ereksinya itu agak lebih sakit, ibarat seperti sesuatu yang bengkak gitu. Kira-kira kenapa itu ya Dok?

B (Laki-laki, 25 tahun)

Jawaban

Usia Anda yang relatif muda, 25 tahun, memungkinkan Mr P untuk bangkit kembali dalam waktu singkat, dengan sekali rangsangan saja, setelah ejakulasi. Pada pria dengan usia sepuh (di atas 60 tahun) perlu waktu agak lama, 15 hari bahkan 30 hari untuk membangkitkan Mr P-nya.

Mengapa Mr P Anda merasa nyeri saat 'ronde' ke-2. Besar kemungkinan karena persarafan jaringan penis yang masih 'letih', terpaksa harus menegang kembali pada tenggang waktu yang amat singkat.

Disarankan Anda melakukan exercise untuk rongga panggul, antara lain kaegel reflex, yaitu gerakan gerakan rythmis seperti orang ingin urinasi, lalu tahan, ingin urinasi, lalu tahan, dan seterusnya berulang-ulang. Diharapkan jaringan saraf sekitar penis dan alat-alat reproduksi akan lentur, serta selalu 'siap' saat rangsangan seksual terjadi.

Dr. Andri Wanananda MS
Anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Asosiasi Seksologi Indonesia (ASI) serta pengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara Jakarta.

(hrn/vit)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit