detikhealth

Wow! Di Usia 101 Tahun, Nenek Ini Tetap Semangat Ikut Lomba Lari

Ajeng Anastasia Kinanti - detikHealth
Selasa, 11/04/2017 10:33 WIB
Wow! Di Usia 101 Tahun, Nenek Ini Tetap Semangat Ikut Lomba LariFoto: Twitter
Birmingham, Para lansia biasanya lebih suka menghabiskan waktu dengan duduk beristirahat di kursi goyang, namun sebaliknya justru dilakukan oleh Julia Hawkins (101). Kini ia malah tengah menyiapkan diri untuk ikut kompetisi lari.

Ya, sehari-hari waktu Hawkins kini dihabiskan dengan berlari sejauh 50 meter dan 100 meter karena ia akan berkompetisi dalam National Senior Games yang diadakan di Birmingham, Alabama, bulan Juni mendatang.

Tak cuma berlari, Hawkins juga diketahui sering mengikuti kompetisi bersepeda saat usianya menginjak 81 tahun. Setelah beberapa kali aktif mengikuti kompetisi bersepeda, di usia 100 tahun ia memutuskan untuk mencari tantangan baru dengan berlari.

"Sejak dulu saya selalu menyukai kompetisi. Khusus dengan berlari, saya merasa bebas dan terikat dengan diri saya sendiri, tak bergantung pada bantuan orang lain," ujar Hawkins, seperti dikutip dari Prevention.

Baca juga: Cerita Presenter Farhan tentang Persiapan Ikuti Triathlon

Pensiunan guru ini tercatat pernah empat kali mengikuti kompetisi bersepeda di National Senior Games dan dua kali meraih medali emas. Dengan mencoba kompetisi berlari, ia ingin melatih kemampuannya untuk bergerak lebih cepat.

"Saya tahu saya bisa berlari karena saya banyak menghabiskan waktu di halaman, dan ketika telepon saya berdering, saya selalu berlari ke dalam rumah dan selalu tepat waktu untuk bisa mengangkatnya," imbuh Hawkins.

Ia menceritakan latihan yang dilakukannya sangat sederhana. Salah satu putra Hawkins mengukur jarak 50 meter dan 100 meter di halaman rumahnya dan menandainya dengan pita. Dengan begitu, sang ibu pun bisa berlatih berlari setiap hari.

"Saya tidak punya pelatih khusus, saya hanya berlari saja setiap hari. Tak lupa saya juga selalu peregangan sebelum berlari. Saya akan berusaha sekeras yang saya bisa," tutur Hawkins.

Baca juga: Kisah Haru di Balik 'Hobi' Bocah 7 Tahun Ini Ikut Triathlon


(ajg/vit)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit