detikhealth

Mengenal Quinoa, Superfood Nabati Tinggi Protein yang Baik untuk Otot

Ajeng Anastasia Kinanti - detikHealth
Kamis, 13/04/2017 18:05 WIB
Mengenal Quinoa, Superfood Nabati Tinggi Protein yang Baik untuk OtotFoto: Thinkstock
Jakarta, Dari berbagai jenis biji-bijian yang sehat untuk dikonsumsi, quinoa menjadi pilihan ideal untuk menjaga kesehatan otot. Alasannya, asupan yang kerap mendapat julukan 'superfood' ini kaya akan protein dan mikronutrien lainnya.

Dalam perbincangan dengan detikHealth baru-baru ini, nutrisionis Jansen Ongko, MSc, RD menjelaskan bahwa quinoa merupakan salah satu tanaman biji-bijian yang dapat dimakan. Quinoa tinggi akan protein, serat makanan, vitamin B9 (folat), vitamin B6, vitamin B2, vitamin B1, vitamin B3, dan vitamin E.

Selain itu, quinoa juga kaya kandungan kolin, mangan, fosfor, magnesium, zat besi, zinc, natrium, kalium dan kalsium. Nilai plusnya, biji-bijian ini mudah dicerna dan termasuk dalam kategori asupan bebas gluten.

Baca juga: Beda Jenis Beras, Beda Pula Kandungan Nutrisi Pentingnya

Tak cuma itu, Jansen menuturkan bahwa quinoa juga unik karena mengandung protein cukup tinggi dan lengkap. Ya, meskipun termasuk kategori biji-bijian, namun dalam 100 gram quinoa terdapat 14 gram protein.

"Sebagai salah satu makanan nabati yang dianggap mengandung protein lengkap dan terdiri dari semua asam amino esensial, quinoa mengandung jumlah protein dua kali lebih banyak dari oat," tutur Jansen.

Protein yang tinggi pada quinoa juga membuat makanan ini baik untuk dikonsumsi dengan tujuan pembentukan dan regenerasi sel otot. Bahkan tak cuma untuk pembentukan otot saja, Jansen menyebutkan bahwa quinoa juga memberikan manfaat istimewa bagi Anda yang rutin berolahraga. Manfaat tersebut ada dari kandungan lisin yang dimilikinya. "Lisin yaitu asam amino utama yang berguna dalam pemulihan sel otot yang rusak saat berolahraga," pungkasnya.

Baca juga: Membentuk Otot dengan Mengonsumsi Nasi Saja, Mungkinkah?(ajg/vit)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit