detikhealth

Mau Langsing, Bisakah Quinoa Dijadikan Pengganti Nasi?

Ajeng Anastasia Kinanti - detikHealth
Kamis, 13/04/2017 19:04 WIB
Mau Langsing, Bisakah Quinoa Dijadikan Pengganti Nasi?Foto: Getty Images
Jakarta, Untuk menurunkan berat badan, orang biasanya akan langsung mengurangi atau bahkan menyetop konsumsi nasi. Hal ini tentu saja menjadikan asupan karbohidrat jadi ikut berkurang. Nah, untuk pengganti nasi, bisakah quinoa diandalkan?

Menanggapi hal ini, nutrisionis Jansen Ongko, MSc, RD menjelaskan bahwa quinoa merupakan salah satu tanaman biji-bijian yang dapat dimakan. Quinoa tinggi akan protein, serat makanan, vitamin B9 (folat), vitamin B6, vitamin B2, vitamin B1, vitamin B3, dan vitamin E.

Selain itu, quinoa juga kaya kandungan kolin, mangan, fosfor, magnesium, zat besi, zinc, natrium, kalium dan kalsium. Nilai plusnya, biji-bijian ini mudah dicerna dan termasuk dalam kategori asupan bebas gluten.

Baca juga: Lapar Setelah Olahraga? Begini Aturan Makannya Agar Tak Kalap

"Quinoa dapat dijadikan solusi pengganti nasi," ujar Jansen kepada detikHealth baru-baru ini.

Namun demikian, agar manfaatnya tetap terjaga, ada tips yang harus diperhatikan saat Anda mengolah quinoa. Jansen mengungkapkan, tips tersebut adalah mencuci biji-bijian ini terlebih dahulu sebelum dimasak. Ini dilakukan supaya lapisan pahitnya hilang.

"Kandungan serat yang cukup tinggi pada quinoa akan membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan, membuat perut terasa kenyang lebih lama dan membantu menstabilkan kadar gula dalam darah," imbuh nutrisionis lulusan California State University, Los Angeles ini.

Tak cuma baik untuk otot dan menjaga berat badan, quinoa yang kaya akan lemak sehat (lemak tak jenuh rantai tunggal dan ganda, serta asam lemak omega 3) berbentuk ALA ini disebutkan Jansen juga dapat membantu meningkatkan kolesterol baik yaitu HDL.

Baca juga: Manfaat Sehat Diet Biji-bijian: Bikin Awet Muda dan Cegah Diabetes(ajg/vit)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit