detikhealth

Bukan Digaruk! Begini Cara Tepat Obati Psoriasis di Kulit Kepala

Ajeng Anastasia Kinanti - detikHealth
Sabtu, 15/04/2017 13:10 WIB
Bukan Digaruk! Begini Cara Tepat Obati Psoriasis di Kulit KepalaFoto: thinkstock
Jakarta, Rasa gatal di kulit kepala seringnya diartikan sebagai ketombe. Padahal kondisi ini juga bisa muncul akibat psoriasis. Untuk mengobatinya, hindari menggaruk kulit kepala ya.

Seperti disampaikan dokter spesialis kulit dan kelamin Klinik Bintaro Skin House, dr Nindita Hapsari Susanti, SpKK, psoriasis merupakan kelainan kulit yang dapat berlangsung dalam jangka waktu lama dan mudah kambuh. Cirinya adalah bercak merah yang ditutupi sisik putih, kering, kasar dan tebal.

"Psoriasis kulit kepala dan ketombe kadang sulit dibedakan. Keduanya menimbulkan rasa gatal dan bersisik di kulit kepala. Namun pada psoriasis, sisik tersebut lebih tebal, berlapis, dan kering," ujar dr Nindita kepada detikHealth.

Baca juga: 5 Hal Selain Stres dan Genetik yang Bisa Picu Kerontokan Rambut

Hindari menggaruk kulit kepala yang gatal karena dapat membuat psoriasis menjadi semakin parah dan lesinya pun meluas. Pengobatan psoriasis disesuaikan dengan tingkat keparahan penyakit, usia pasien dan keadaan kesehatan pasien. Khusus untuk psoriasis kulit kepala, dokter biasanya meresepkan cairan yang mengandung steorid, tar atau asam salisilat.

"Cukup banyak jenis sampo yang mengandung tar dan asam salisilat untuk membantu meredakan gejala psoriasis pada kulit kepala," ujar dr Nindita.

Yang pasti, dalam mengobati psoriasis, dibutuhkan kesabaran dan ketekunan dari dokter dan pasien, karena tidak jarang membutuhkan waktu yang cukup lama untuk diobati. Lesi yang tampak dari luar juga kerap membuat pasien tidak nyaman dan terganggu kualitas hidupnya.

"Maka dari itu penting sekali untuk pasien menghindari berbagai hal yang dapat mencetuskan dan memperparah psoriasis," imbuhnya.

Baca juga: Kata Dokter Soal Anggapan Keramas Saat Haid Bisa Picu Sakit Kepala(ajg/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit
 
Must Read close