detikhealth

Penyebab Badan Sulit Gemuk Walau Sudah Makan Apa Saja

Suherni Sulaeman - detikHealth
Senin, 17/04/2017 15:33 WIB
Penyebab Badan Sulit Gemuk Walau Sudah Makan Apa SajaFoto: iStock
Jakarta, Tubuh ideal tentu jadi keinginan semua orang, baik wanita ataupun pria. Sebab dengan tubuh ideal, selain tampak lebih menarik juga terkesan sehat. Akan tetapi masih banyak orang yang tetap bertubuh kurus walau sudah makan apa saja.

"Sebenarnya perlu detail apa yang dimaksud dengan 'makan apa saja'. Pada intinya, untuk menambah berat badan, jumlah kalori yang masuk harus lebih banyak dibanding yang digunakan," imbuh ahli diet dan gizi, Leona Victoria Djajadi MND.

Ia jelaskan, untuk menambah asupan kalori bisa menggunakan olive oil, santan, krim, atau alpukat yang dilembekkan. Selain itu perbanyak asupan protein dan lemak dibanding karbohidrat yang berguna untuk membentuk massa otot dan lapisan adipose atau lemak.

Baca juga: Kebiasaan Ini Ternyata Bisa Bikin Orang Susah Gemuk

"Memperbanyak juga jadwal makan dengan tambahan yang saya sarankan di atas," terangnya.

Lanjut ia, ada banyak faktor mengapa seseorang sulit gemuk, di antaranya yakni stres dan kurang istirahat. Maka itu gunakan waktu untuk beristirahat dengan optimal agar tubuh menjadi lebih rileks dan terhindar dari stres. Kemudian pertimbangkan juga untuk menjalani pola hidup sehat seperti tidak merokok.

Victoria menambahkan untuk lakukan olahraga secara efektif, karena selain meningkatkan metabolisme, olahraga juga merupakan aktivitas penting untuk membantu menaikkan bobot tubuh.

"Bantu dengan olahraga, terutama weight lifting untuk menstimulasi pertumbuhan massa otot, jadi proteinnya terpakai tidak terbuang," pesan Victoria.

Baca juga: Hati-hati, Tubuh Kurus Seringkali 'Sembunyikan' Penyakit(hrn/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit
 
Must Read close