detikhealth

Divonis Infertil, Perempuan Pemilik 'Miss V Ganda' Ini Akhirnya Hamil

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Selasa, 18/04/2017 11:31 WIB
Divonis Infertil, Perempuan Pemilik Miss V Ganda Ini Akhirnya HamilFoto: Ilustrasi/Thinkstock
Olympia, Krista Schwab (32) diyakini akan sulit punya keturunan. Sejak usia 12 tahun, ia didiagnosis mengidap uterus didelphys yang artinya ia punya dua set organ reproduksi. Termasuk, dua rahim dan 2 vagina.

Kelainan pada sistem reproduksi ini berhubungan dengan ketidaksuburan. Sejak menikah dengan suaminya, Courtney, sudah jutaan kali ia melakukan tes kehamilan dan hasilnya hampir selalu negatif.

Namun harapan itu tidak pernah pupus, Schwab yakin pada saatnya nanti akan bisa punya keturunan. Pengalaman dua kali hamil dan keguguran membuatnya semakin optimistis, walau dokter sudah memvonisnya susah hamil.

Kesabaran Schwab berbuah manis. Dikutip dari Dailymail, ia kini tengah mengandung bayi laki-laki dan akan melahirkannya pada Agustus mendatang.

Kehamilan ini tidak hanya membahagiakan perempuan asal Washington State tersebut, tapi sekaligus istimewa. Dari dua saluran telur yang dimiliki Schwab, sebenarnya hanya yang sebelah kiri yang menghasilkan telur. Ajaibnya, Schwab hamil dari saluran telur di sisi kanan yang selama ini disebut tidak berfungsi.

Baca juga: Terlahir dengan Kelamin Ganda, Operasi Kelamin Bocah 5 Tahun Disetujui Pengadilan

Di seluruh dunia, kondisi yang sering disebut juga double uterus ini terbilang langka. Scientific America menyebut kondisi ini hanya ditemukan pada 1 di antara 2.000 perempuan, dan sering dikaitkan dengan infertilitas atau ketidaksuburan.

Dikutip dari Mayo Clinic, kehamilan mungkin terjadi pada beberapa perempuan dengan double uterus. Namun demikian, kondisi ini bisa meningkatkan risiko keguguran dan kelahiran prematur.

Baca juga: Pria Bisa Punya Kemaluan Ganda, Wanita Juga Bisa Punya Rahim Ganda

(up/vit)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit