detikhealth

Main Ayunan Bermanfaat Bagi Kepribadian Anak Lho!

Muhamad Reza Sulaiman - detikHealth
Kamis, 20/04/2017 17:15 WIB
Main Ayunan Bermanfaat Bagi Kepribadian Anak Lho!Foto: Alfathir Yulianda
Jakarta, Main ayunan bukan sekadar mengisi waktu luang saat bermain di taman kanak-kanan atau preschool. Menurut studi, main ayunan juga bermanfaat bagi perkembangan kepribadian si kecil.

Tal-Chen Rabinowitch, peneliti dari Institute for Learning & Brain Science (I-LABS) University of Washington, mengatakan main ayunan juga bisa melatih kemampuan anak untuk bersosialisasi dan menjalin kerja sama. Hal ini karena main ayunan membutuhkan membuat anak mencoba menyelaraskan gerakannya dengan teman mainnya.

"Untuk bisa menghasilkan gerakan yang selaras harus ada kerja sama. Hal ini membuat perhatian anak terfokus pada orang lain di waktu yang bersamaan, yang memiliki efek positif bagi interaksi sosial mereka," tutur Rabinowitch, dikutip dari EurekAlert!

Baca juga: Agar Kelak Anak Punya Body Image Positif, Yuk Lakukan Hal Ini Sejak Dini

Penelitian dilakukan kepada balita yang tidak saling mengenal. I-LABS membangun 2 set ayunan dan meminta balita untuk mengayun di saat yang bersamaan dan tersinkronisasi. Setelah itu, mereka diminta menyelesaikan permainan komputer yang membutuhkan kerja sama.

Hasil penelitian menyebut anak yang bermain ayunan bersama bisa menyelesaikan permainan lebih cepat. Hal ini dikarenakan mereka memiliki kemampuan untuk berkomunikasi, sosialisasi dan kooperasi yang lebih baik.

Prof Andrew Meltzoff yang juga tergabung dalam tim peneliti dari I-LABS, mengatakan kemampuan bekerja sama berasal dari dua bagian otak, yakni fungsi sosial dan fungsi kognitif. Sehingga tentu saja orang dengan kemampuan kerja sama yang baik mampu memecahkan masalah yang mereka hadapi lebih cepat.

"Dalam penelitian ini kami menemukan bahwa kemampuan kerja sama bisa ditingkatkan dengan hanya bergerak berbarengan," paparnya.

Baca juga: Setiap Anak Istimewa, Jangan Dibanding-bandingkan

(mrs/vit)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit