detikhealth

Mengingat Janji Anies-Sandi di Sektor Kesehatan untuk DKI

Firdaus Anwar - detikHealth
Kamis, 20/04/2017 18:05 WIB
Mengingat Janji Anies-Sandi di Sektor Kesehatan untuk DKIFoto ilustrasi: Ari Saputra
Jakarta, Hasil hitung cepat telah memenangkan Anies Baswedan dan Sandiaga Uno sebagai gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022. Di kursi DKI 1 dan 2-lah mereka akan mewujudkan janjinya saat kampanye. Nah, di sektor kesehatan, ada baiknya kita lihat kembali janji pasangan ini.

Menurut catatan detikHealth secara garis besar Anies-Sandi berjanji untuk meningkatkan pelayanan kesehatan lewat program promotif preventif.

Ditemui detikHealth di markas detikcom beberapa waktu lalu, Anies mengatakan bahwa ia ingin fokus memperbaiki kualitas kesehatan di hulu. Selama ini ia menilai bahwa pemerintah daerah masih terlalu fokus untuk memperbaiki fasilitas kesehatannya saja.

Baca juga: Kurangi Antrean Pasien di DKI, Anies Akan Fokus Pembinaan Kesehatan Warga

"Kita akan menambah jumlah tenaga medis untuk melakukan kunjungan ke rumah-rumah warga. Memeriksa kondisi warga dan kesehatan lingkungannya sehingga problem (kesehatan -red) tidak memburuk lalu membludak di rumah sakit," kata Anies.

"Pelajarannya dari jumantik (juru pemantau jentik). Lihat dengan adanya jumantik langsung angka demam berdarah bisa menurun. Apa sih kegiatannya? Keliling kampung-kampung memastikan tidak ada genangan air dan bersih," lanjutnya kala itu.

Selain itu Anies-Sandi juga berjanji meluaskan program cuti melahirkan sehingga akan berlaku juga untuk para suami. Alasannya agar keluarga bisa berkumpul menikmati momen kebersamaan dengan kehadiran anggota baru.

Suami bisa mendampingi istri memberikan dukungan dengan baik sehingga pemberian air susu ibu (ASI) ke anak pun jadi lebih lancar.

"Ini juga untuk lingkungan kerjanya menjadi sehat. Dalam praktiknya, bapak ini tidak tidur semalam, sama saja kan," pungkas Anies.

Baca juga: Kebijakan Cuti Melahirkan di Berbagai Negara yang Dianggap Bersahabat(fds/vit)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit