detikhealth
Konsultasi Psikologi Seks dan Perkawinan
Wulan Ayu Ramadhani, M. Psi

Psikolog Perkawinan dan Keluarga di Klinik Rumah Hati
Twitter: @wulanayur dan @twitpranikah
http://pranikah.org/
Artikel 18+

Doyan Bercinta Setiap Hari, Tanda Hiperseks?

Suherni Sulaeman - detikHealth
Minggu, 23/04/2017 11:32 WIB
Doyan Bercinta Setiap Hari, Tanda Hiperseks?Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta, Halo Mbak. Saya mau bertanya, mohon dibantu untuk penjelasannya. Begini Mbak, usia pernikahan saya sudah lima tahun dan dikaruniai seorang putri. Dari awal pernikahan sampai sekarang, mengapa ya Mbak saya selalu ingin berhubungan intim setiap harinya, seperti tidak ada bosannya, bukan karena saya tidak pernah puas, istri saya selalu bisa memberi yang terbaik dan untungnya istri saya tidak pernah mengeluh dan paham dengan keinginan saya.

Apakah kemungkinan saya hiperseks atau apa Mbak? Mohon penjelasannya. Terimakasih.

M (Laki-laki, 30 tahun)

Jawaban

Dear Bapak M,

Seseorang bisa dikatakan hiperseks biasanya ketika memunculkan tiga ciri umum, yaitu hilangnya kontrol, terobsesi pada segala hal yang berbau seks dan tidak bisa tidak melakukan hal tersebut meskipun lingkungannnya sudah merasa terganggu. Misalnya, jadi memaksakan pasangan untuk melayani padahal hubungan badan yang dijalani tidak lagi memberikan kesenangan atau bahkan jadi menyakiti, mencari orang lain di luar pasangan untuk memenuhi kebutuhan bahkan dengan cara yang ilegal, tidak bisa mengkontrol kebutuhan untuk mencari pemuasan lain dengan masturbasi atau menonton film dewasa, jika tidak mendapatkan pemuasan menjadi tidak bisa berpikir jernih, dsb.

Karena kondisi kekuatan fisik dan kemauan setiap pasangan berbeda-beda, maka frekuensi hubungan seks juga bisa berbeda antara satu perkawinan dengan perkawinan yang lain. Hubungan seks dalam perkawinan dikatakan normal dan sehat jika Anda dan pasangan sama-sama menikmati hubungan seks yang dilakukan, serta tidak menyebabkan gangguan mental dan sosial.

Dalam sebuah perkawinan, hubungan seks memang sebaiknya tidak usah diberi target, misalnya, harus setiap hari, atau 2 kali atau 3 kali seminggu, dsb. Yang perlu dilakukan adalah tetap melakukan hubungan seks yang berkualitas yang Anda berdua sukai. Jika berhubungan intim setiap hari membuat Anda dan pasangan bisa bahagia dan saling menikmati hubungan seks, maka lakukanlah.

Wulan Ayu Ramadhani, M. Psi
Psikolog Perkawinan dan Keluarga di Klinik Rumah Hati
Jl. Muhasyim VII no. 41, Cilandak, Jakarta Selatan
Twitter: @wulanayur dan @twitpranikah
http://pranikah.org/(hrn/vit)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit