detikhealth
Konsultasi Seksologi
Dr. Andri Wanananda MS

Anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Asosiasi Seksologi Indonesia (ASI) serta pengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanegara Jakarta.
Artikel 18+

Penggunaan Obat Topikal untuk Kurangi Sensitivitas Mr P

Selasa, 25/04/2017 18:01 WIB
Penggunaan Obat Topikal untuk Kurangi Sensitivitas Mr PFoto: thinkstock
Dok, durasi berhubungan saya dengan istri relatif tidak terlalu lama, berkisar antara lima sampai sepuluh menit dari penetrasi dan seringkali saya yang terlebih dahulu ejakulasi. Bolehkah saya menggunakan obat-obatan topikal seperti lidocaine, benzocaine, dan prilocaine, tanpa resep dokter untuk membantu mengurangi sensitivitas penis pada saat berhubungan? Terimakasih.

Tn. D (Laki-laki, 35 tahun)

Jawaban

Sebaiknya Anda menggunakan salep atau krim yang berisi obat anaestesi lokal setelah berkonsultasi dengan dokter keluarga Anda. Gunakanlah krim atau salep yang diproduksi oleh pabrik farmasi yang telah memperoleh izin dari Dirjen POM (Pengawasan Obat & Makanan) Kementerian Kesehatan RI.

Hal ini untuk mencegah efek yang tidak diinginkan, misalnya kulit penis menjadi lepuh atau meradang, akibat kualitas salep atau krim yang tidak sesuai standar farmasi.

Dr. Andri Wanananda MS
Anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Asosiasi Seksologi Indonesia (ASI) serta pengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara Jakarta.(hrn/vit)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit