detikhealth

Dari Dapur Anak Bisa Menambah Pengetahuan Lho

Puti Aini Yasmin - detikHealth
Rabu, 26/04/2017 19:10 WIB
Dari Dapur Anak Bisa Menambah Pengetahuan LhoFoto: iStock
Jakarta, Menambah pengetahuan anak bisa dilakukan di dapur. Ya, dengan mengenalkan berbagai macam bahan dapur ke si kecil. Bagaimana cara asyik melakukan itu?

Psikolog anak dan keluarga, Gisella Tani Pratiwi MPsi mengatakan menggunakan bahan dapur sebagai salah satu pembelajaran agar pengetahuan anak bertambah merupakan pilihan setiap orang tua. Pasalnya, ada beberapa orang tua yang merasa bahan-bahan dapur bukanlah hal yang penting untuk dikenalkan kepada anak.

"Kadang kala orang tua merasa itu bukan hal yang penting. Jadi itu kembali lagi kepada keinginan orang tua apa yang mau ditanamkan pada anak," ucap wanita yang akrab disapa Ella saat berbincang dengan detikHealth baru-baru ini.

Baca juga: Menambah Pengetahuan Anak Melalui Makanan Tradisional

Ella mengatakan sangat penting mengenalkan si kecil mengenai lingkungan sekitar, termasuk bahan-bahan dapur. Nah, hal tersebut bisa dilakukan dengan cara yang sederhana seperti dari makanan.

"Misalnya orang tua bilang saat anak makan kalau daging ayam bukan dagingnya saja yang bikin enak. Tapi ada bumbu-bumbu atau konten bahan dan gizi lainnya," sambung Ella.

Dengan belajar mengenai bahan-bahan dapur, anak akan mampu memahami bahwa setiap hal memiliki proses yang mesti dilalui dan tidak langsung jadi. Mengenalkan berbagai macam bahan makanan di dapur ke anak juga bisa dilakukan ketika memasak bersama anak. Misalnya malalui bumbu dapur, anak juga bisa belajar beragam bentuk, warna, dan juga kosakata. Kemudian bahan lain seperti jeruk nipis, daging ayam, daging merah, bahkan telur pun bisa jadi bahan belajar untuk si kecil.

Baca juga: Redakan Gejala Flu dengan Bahan-bahan di Dapur


(rdn/vit)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit
 
Must Read close