detikhealth

Konsultasi Kedokteran Olahraga

Perlukah Olahraga Jelang Melahirkan?

Suherni Sulaeman - detikHealth
Sabtu, 29/04/2017 13:06 WIB
Perlukah Olahraga Jelang Melahirkan? Foto: thinkstock
Jakarta, Halo Dokter, sebentar lagi saya akan melahirkan karena sekarang kehamilan saya sudah memasuki minggu ke-tiga puluh enam. Yang ingin saya tanyakan adalah perlukah saya melakukan olahraga jelang melahirkan? Olahraga seperti apa yang bisa saya lakukan mengingat saya sudah hamil tua dan ada aturan-aturan terntentu nggak Dok misalnya seperti harus berkeringat? Sekadar informasi saya selalu mengikuti kelas yoga hamil di salah satu rumah sakit. Terimakasih Dok.

Popi (Perempuan, 27 tahun)

Jawaban

Halo Mbak Popi yang akan melahirkan,

Disaat mengandung Popi tentunya membutuhkan olahraga yang aman untuk mempertahankan kesehatan dan juga membantu kelancaran proses kelahiran sang bayi.

Olahraga tersebut tidak boleh berintensitas tinggi dan high impact, karena itu berolahraga sampai 'berkeringat' di saat hamil dapat menyebabkan terjadinya dehidrasi dan peningkatan suhu tubuh secara berlebihan yang pada akhirnya dapat mengganggu kesehatan sang janin.

Tentang yoga hamil yang dilakukan tentunya aman dilakukan selama berada di bawah pengawasan instruktur yang kompeten dan tidak memaksakan diri secara berlebihan/menimbulkan keluhan sakit yang tidak biasa.

dr. Michael Triangto, SpKO
Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga
Direktur Klinik Slim and Health di RS Mitra Kemayoran dan Mal Taman Anggrek Jakarta
Koordinator Kedokteran Olahraga di PB Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI)
Anggota Tim Ahli Persatuan Golf Indonesia (PGI)(hrn/vit)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit
 
Must Read close