detikhealth

Istirahat Juga Penting, Long Weekend Tak Harus Semuanya untuk Olahraga

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Senin, 01/05/2017 06:52 WIB
Istirahat Juga Penting, Long Weekend Tak Harus Semuanya untuk OlahragaFoto: Thinkstock
Jakarta, Bagi orang sibuk, libur tiga hari berturut-turut adalah kesempatan berharga untuk olahraga sepuasnya. Tapi ada kalanya godaan muncul, mulai dari rasa malas hingga ajakan untuk hangout bareng teman.

Meski olahraga penting untuk kebugaran, melakukannya berturut-turut dan cenderung berlebihan sebenarnya justru bisa memberikan dampak negatif. Sekali waktu, tubuh juga butuh istirahat untuk recovery atau memulihkan diri.

Sebuah penelitian awal yang dipresentasikan dalam pertemuan tahunan American Physiological Society membuktikan hal itu. Pada atlet dayung, gejala radang lebih banyak ditemukan pada latihan paling intensif yang berlangsung berminggu-minggu tanpa istirahat.

Baca juga: Dilema Saat Libur: Tidur Vs Olahraga, Mana Sih yang Lebih Sehat?

Protein pembentuk tulang juga teramati lebih rendah dibandingkan pada masa recovery, yang memiliki kelonggaran berupa hari libur. Dalam jangka panjang, kekurangan protein tersebut berhubungan dengan pengeroposan tulang. Demikian dikutip dari Health.com.

Secara umum, olahraga khususnya latihan beban punya manfaat bagi kekuatan otot. Namun pada perempuan khususnya, berlebihan saat olahraga memberikan efek berlawanan seperti dalam penelitian tersebut.




Baca juga: Berbagai Pilihan Olahraga yang Bisa Dilakukan di Tempat Tidur (up/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit