detikhealth

Cerita Nadia Mulya Masih Rutin Angkat Beban Saat Hamil Anak ke-3

Radian Nyi Sukmasari - detikHealth
Senin, 08/05/2017 13:10 WIB
Cerita Nadia Mulya Masih Rutin Angkat Beban Saat Hamil Anak ke-3Nadia Mulya saat ditemui di RSIA Bunda, Menteng (Foto: Radian)
Jakarta, Saat hamil anak ketiganya, Delmar Bevandimulya Mudijana yang kini berusia 10 bulan, presenter Nadia Mulya tetap rutin berolahraga. Bahkan, kala itu Nadia sedang gandrung-gandrungnya melakukan angkat beban.

"Waktu hamil Delmar, aku angkat beban sampai 25 kg. Biasanya kan 40 kg. Jadi memang aku ngobrol sama ahli-ahlinya. Jadi konsultasi intensif sama dokter dan trainer. Dikasih tahu kalau lagi hamil bebannya dikurangi sekitar 40-50 persen. Jadi memang ada panduan, apa gerakan yang boleh dilakukan dan nggak," kata Nadia ditemui usai 'Lactamil Mama Class' di RSIA Bunda, Menteng, Jakarta baru-baru ini.

Bahkan, Nadia merasakan angkat beban yang notabene membuat otot perutnya lebih kuat berpengaruh pada proses melahirkannya yang lebih cepat. Saat pembukaan tujuh, si kecil Delmar sudah lahir. Bahkan, pagi hari saat kontraksi sudah mulai terasa, Nadia tetap melakukan olahraga. Kemudian, esok pagi sekitar pukul 02.30, Delmar pun lahir.

Baca juga: Kontraksi Palsu dan Sungguhan, Begini Lho Cara Membedakannya

Saat hamil Delmar, Nadia juga sempat ikut kompetisi Crossfit yang merupakan kerja sama dengan Yayasan Kanker Payudara Indonesia (YKPI). Dengan rutin angkat beban dan melakukan gerakan lainnya, Nadia merasa kehamilannya lebih sehat. Tidur malam hari pun ia rasakan lebih nyenyak karena Nadia kerap berolahraga di malam hari.

"Aku biasanya sama suami olahraganya malam hari. Jadi abis olahraga, capek, blek gitu tidurnya. Badan aku juga soalnya udah tahu ritmenya ya. Sampai hamil 7 bulan aku juga masih hand stand tapi setelahnya udah nggak karena Delmar udah masuk jalan lahir. Enak banget, aku ngerasa segar, Soalnya kalau lagi hamil kan emang darah semuanya jadi lebih lambat, volume darah di tubuh nambah 40 persen, pembuluh darah pun membesar," tutur ibu tiga anak ini.

"Jadi kalau lagi ngebalikin badan gitu enak, soalnya tuh darahnya kayak ngebalik gitu. Makanya salah satu tips yang aku kasih ke ibu hamil yang bekerja, kalau udah pusing gitu, coba duduk di kursi terus kepalanya turunin aja di antara kakinya. Jadi biar bisa ada sirkulasi darah ke otak," kata Nadia.

Sebelumnya, Nadia sempat angkat beban sampai 65 kg dan kala itu dia belum tahu jika sudah hamil selama 6 minggu. Setelah itulah, Nadia sempat berhati-hati. Pasalnya, sebelumnya Nadia pernah keguguran dan ia tidak ingin ada sesuatu yang tak diinginkan terjadi. Di sisi lain, Nadia pun berusaha mengedukasi ibu untuk rajin olahraga demi kehamilan dan persalinan yang sehat.

Baca juga: Mengenal Kontraksi 'Palsu', Pemicu Nyeri pada Ibu Hamil

(rdn/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit