detikhealth

Konsultasi Seksologi
Dr. Andri Wanananda MS

Anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Asosiasi Seksologi Indonesia (ASI) serta pengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanegara Jakarta.
Artikel 18+

Ereksi Sulit dan Tidak Maksimal, Apa Penyebabnya?

Selasa, 09/05/2017 18:19 WIB
Ereksi Sulit dan Tidak Maksimal, Apa Penyebabnya?Foto: thinkstock
Hi Dok, minggu lalu saya mengalami masalah. Saat akan berhubungan, penis saya tidak bisa berdiri. Ketika akhirnya tegang hanya bertahan sebentar. Padahal sudah dirangsang dengan oral seks namun saya merasa sulit terangsang. Ini adalah aktivitas seksual saya yang pertama setelah empat tahun.

Keesokan harinya saya mencoba menstimulasi dengan menonton film dewasa dan hasilnya sama saja. Kemudian saya mencoba masturbasi, tetap saja penis tidak tegang maksimal. Sensasi yang saya rasakan juga terasa kurang. Padahal seingat saya biasanya saat masturbasi terasa normal.

Sebagai informasi tambahan:
1. Saya sudah lama tidak berhubungan seks, mungkin sekitar empat tahun. Sejak hamil anak kedua.

2. Saya melakukan masturbasi, tidak secara teratur dan tidak bisa dibilang sering. Bisa jadi rata-rata seminggu satu sampai dua kali. Namun ada juga periode di mana saya selama beberapa minggu tidak melakukannya.

3. Saya pria, tidak merokok, tidak minum alkohol, preferensi seksual normal, sudah menikah hampir delapan tahun, punya dua orang anak (usia tujuh dan 3,5 tahun)

4. Di enam bulan terakhir saya rutin berenang setiap pagi (30-40 menit) dalam enam bulan tersebut berat badan saya turun sekitar tiga kg dan kemudian stabil di 68-69kg

5. Tidak ada konsumsi obat-obatan apapun hanya empat bulan terakhir saya mengonsumsi whey protein dua gelas setiap pagi (sebelum dan sesudah renang)

Apa penyebab masalah ini, Dok? Apakah berkaitan dengan kondisi fisik penis akibat terlalu sering masturbasi? Selain konsultasi ke dokter spesialis, apa yang sebaiknya saya lakukan untuk bisa mengembalikan ke kondisi semula?
Mohon bantuannya, Dok. Terimakasih.

Mr X (Laki-laki, 37 tahun)

Jawaban

Dari keluhan Anda, agaknya yang Anda alami adalah disfungsi ereksi sekunder. Karena, dalam pernikahan Anda, sudah mempunyai dua anak. Penyebabnya: bisa karena sudah cukup lama, 4 tahun, tidak ML; bisa pula karena penyakit kronis yang mulai menerpa Anda, misalnya darah tinggi, kencing manis, gangguan kadar lemak darah (kolesterol); bisa juga karena gangguan psikis, misalnya sedang stres atau galau.

Mengingat usia Anda, 38 tahun, relatif muda, dianjurkan Anda berkonsultasi dulu dengan dokter keluarga Anda untuk melakukan general check-up kesehatan untuk mengetahui penyebab dan solusinya.

Sementara, dengan petunjuk doker keluarga Anda, bisa dicoba obat Erektogenik (Sildenafil, Tandalafil atau Vardenafil) yang diminum menjelang hubungan intim dengan istri. Juga tidak ada kaitannya antara seringnya masturbasi hingga terjadi DE.

Dr. Andri Wanananda MS
Anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Asosiasi Seksologi Indonesia (ASI) serta pengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara Jakarta.(hrn/vit)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit