detikhealth

Konsultasi Seksologi
Dr. Andri Wanananda MS

Anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Asosiasi Seksologi Indonesia (ASI) serta pengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanegara Jakarta.
Artikel 18+

Tiga Tahun Mengalami Ejakulasi Dini, Apa yang Harus Dilakukan?

Jumat, 12/05/2017 18:18 WIB
Tiga Tahun Mengalami Ejakulasi Dini, Apa yang Harus Dilakukan?Foto: Thikstock
Dear Dok, sekitar tiga tahun ini saya mengalami yang disebut ejakulasi dini (penetrasi kurang dari tiga menit). Segala obat herbal sudah saya coba, tapi masih sama. Langkah apa yang harus saya lakukan? Adakah obat yang dijual bebas untuk mengatasinya? Terimakasih.

M (Laki-laki, 33 tahun)

Jawaban

Bila baru 3 tahun ini Anda mengalami ejakulasi dini (ED), agaknya Anda mengalami ED sekunder. Penyebabnya bisa karena gangguan fisik berkaitan dengan fungsi hormon serotonin, atau karena hipersensitiv glans penis (bagian penis paling depan), bisa pula penyebabnya radang kelenjar prostat, kencing manis, infeksi saluran air seni.

Gangguan psikis, bisa karena kebiasaan ingin mencapai orgasme dan ejakulasi secara tergesa-gesa sebelumnya. Dengan petunjuk dokter keluarga, Anda bisa mencoba krim atau salep yang berisi obat anaesthesi lokal yang dioleskan pada batang penis.

Dr. Andri Wanananda MS
Anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Asosiasi Seksologi Indonesia (ASI) serta pengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara Jakarta.(hrn/vit)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit