detikhealth

Cerita Astrid Tiar Sempat Panik Hadapi Putrinya yang Alergi Susu Sapi

Puti Aini Yasmin - detikHealth
Senin, 15/05/2017 08:05 WIB
Cerita Astrid Tiar Sempat Panik Hadapi Putrinya yang Alergi Susu SapiAstrid Tiar dan putrinya (Foto: Puti AIni/detikHealth)
Jakarta, Alergi yang dialami anak bisa bikin orang tua bingung dan panik. Aktris Astrid Tiar pun mengalaminya ketika alergi susu sapi dialami putri pertamanya, Dialucita Annabel Estheressa Thiorina Situmorang (4).

Astrid menyampaikan, Annabel mengalami alergi susu sapi yang menyebabkan ruam merah di bagian punggungnya. Namun, saat itu ia belum mengetahui bahwa Annabel mengalami alergi susu sapi.

"Aku nggak kepikiran penyebabnya susu sapi. Selain itu kupikir alergi susu itu gejalanya diare jadi kupikir ini alergi debu," ucap Astrid ditemui usai acara 'Platinum Kids Olympics For Morinaga Allergy Week' di Lapangan Aldiron, Jalan Jenderal Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Minggu (14/5/2017).

Baca juga: Ketika Anak Alergi Obat, Ini yang Perlu Diperhatikan

Sebagai ibu muda yang saat itu tinggal jauh dari keluarga ia pun memutuskan untuk mengatasi ruam Anabel dengan bedak. Namun sayang, ruam tersebut tidak kunjung sembuh.

Astrid TiarAstrid Tiar (Foto: Puti AIni/detikHealth)


"(Ruamnya) Nggak sembuh-sembuh malah sempet aku pikir ini biang keringat. Akhirnya dibawalah ke dokter," ucap istri dari Gerhard Reinaldi Situmorang ini.

Nah, baru saat itu Astrid mengetahui bahwa Annabel mengalami alergi susu sapi. Sehingga Anabel diberikan susu khusus yang sudah direkomendasikan oleh dokter. Meski putrinya alergi susu sapi, Astrid mengaku tak kesulitan. Sebab, Annabel sendiri tidak terlalu suka produk susu.

"Kebetulan Anabel nggak suka susu. Contohnya dia lebih suka (makanan yang cenderung) asam dibandingkan milky," kata Astrid.

Pengalaman ini juga sempat membuat Astrid panik sehingga menyalahkan semua pihak. Pasalnya sebagai ibu muda, Astrid merasa sudah menjaga betul kebersihan Anabel.

"Saran untuk ibu kalau anaknya ada gejala alergi yang pertama jangan panik. Jadi langsung bertemu dokter. Jangan seperti saya telat. Lalu cari informasi dari website terpercaya jangan sampai salah," pungkas ibu dua anak ini.

Baca juga: Studi: Alergi yang Dialami Anak Belum Tentu 'Diwariskan' Orang Tuanya

(rdn/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit