detikhealth

Konsultasi Laktasi
dr. Asti Praborini, SpA, IBCLC

Dokter Laktasi dan Ibu Menyusui di RS Permata Depok
Ketua Tim Laktasi RS Permata Depok
Koordinator Pelatihan Manajemen Laktasi Perinasia Pusat

Mengatasi Intoleransi Laktosa pada Bayi

Suherni Sulaeman - detikHealth
Senin, 15/05/2017 13:20 WIB
Mengatasi Intoleransi Laktosa pada Bayi Foto: thinkstock
Jakarta, Maaf Dok, mau tanya. Saat minggu pertama anak saya lahir, saya beri ASI (Air Susu Ibu) dan susu formula (sufor) karena produksi ASI saya tidak lancar. Ternyata anak saya diare, kemungkinan dari dokter anak saat itu diketahui anak saya intoleransi laktosa. Setelah ganti sufor, diarenya berhenti. Saat ini umur anak saya satu bulan dan saya kasih full ASI.

Pertanyaan saya, apakah saya juga harus menghindari makanan yang mengandung susu sapi, agar ASI saya tidak membuat anak diare? Adakah pantangan makanan bagi ibu menyusui, khususnya dengan anak yang intoleransi laktosa? Terimakasih sebelumnya.

Kiki (Perempuan, 27 tahun)

Jawaban

Selamat pagi Ibu Kiki,

Terimakasih atas pertanyaannya. Bayi yang mengalami intoleransi laktosa biasanya disebabkan karena pemberian susu formula sebelumnya. Yang Ibu lakukan saat ini sudah betul yaitu memberi ASI full kepada anak Ibu.

Laktosa yang terkandung dalam ASI bersifat mudah dicerna oleh bayi, dan kandungan lain yang terdapat dalam ASI dapat membantu proses regenerasi sel-sel usus pada bayi atau anak yang mengalami intoleransi laktosa, sehingga insya Allah intoleransi laktosanya dapat dikendalikan.

Oleh karena itu, jika saat ini bayi sudah full ASI, Ibu tidak perlu diet ketat menghindari dairy products (makanan atau minuman yang berbahan dasar susu sapi). Silakan ibu datang ke klinik laktasi bersama bayi dan anggota keluarga lainnya untuk penjelasan lebih lanjut.

Akan tetapi, perlu diketahui bahwa intoleransi laktosa berbeda dengan alergi protein susu sapi meskipun gejala yang muncul mirip. Untuk dapat mengetahui anak Ibu mengalami intoleransi laktosa atau alergi susu sapi, sebaiknya Ibu pergi ke dokter spesialis anak untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

dr. Asti Praborini, SpA, IBCLC
Dokter Laktasi dan Ibu Menyusui di RS Permata Depok
Ketua Tim Laktasi RS Permata Depok
Koordinator Pelatihan Manajemen Laktasi Perinasia Pusat
www.rspermatadepok.com(hrn/vit)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit
 
Must Read close