detikhealth

Artikel 18+

Hai Pria, Jangan Begadang Ya Kalau Mau Punya Sperma 'Lincah'

Ajeng Anastasia Kinanti - detikHealth
Senin, 15/05/2017 19:10 WIB
Hai Pria, Jangan Begadang Ya Kalau Mau Punya Sperma LincahFoto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta, Selain pola makan, ada satu hal lain yang perlu diperhatikan pria jika ingin segera punya momongan: tidur malam lebih awal. Studi ungkap kebiasaan ini bantu sehatkan sperma.

Para peneliti dari Harbin Medical University, China, mengungkapkan bahwa pria yang tidur malam lebih awal dan tidak begadang lebih subur karena memiliki sperma yang sehat dan lebih bugar. Waktu tidur yang dianjurkan untuk pria demi sperma sehat adalah antara pukul 8 hingga 10 malam. Demikian dikutip dari Daily Mail.

Sebaliknya, gaya hidup yang cenderung tidak memedulikan pola makan dan istirahat dapat membuat kesehatan dan kebugaran sperma terganggu. Peneliti memperkirakan obesitas dan kurang bergerak juga membuat pria menjadi kurang subur.

Baca juga: Jeda Waktu Tambah Momongan yang Dianjurkan

Dipublikasikan di jurnal Medical Science Monitor, waktu tidur dan jumlah jam tidur bagi vitalitas pria merupakan faktor yang penting. Dalam studi ini, peneliti memantau pola tidur pada 981 pria sehat, yang diminta tidur antara pukul 8-10 malam; pukul 10-12 malam dan lewat dari pukul 12 malam.

Masing-masing kelompok juga diberi kesempatan untuk tidur 6 jam; 7-8 jam; serta lebih dari 9 jam. Selain itu, tim juga mengambil sampel air mani para responden secara teratur untuk memeriksa jumlah, bentuk dan motilitas sperma.

Dari hasil pemeriksaan tersebut, ditemukan bahwa pria yang kebiasaan tidur lewat dari pukul 12 malam memiliki jumlah sperma lebih rendah. Dari segi pergerakan, sperma pria tersebut juga lebih lambat dan mati lebih cepat. Begitu juga dengan kebiasaan tidur malam hanya 6 jam atau bahkan kurang, kondisi ini turut memengaruhi kondisi sperma pria.

Kesimpulannya, peneliti menganjurkan pria untuk tidur malam setidaknya 7 jam, pada pukul antara 8 hingga 10 malam, agar sperma memiliki waktu cukup untuk berproduksi.

Alasan di balik kurang tidur serta begadang dengan kesehatan sperma menurut peneliti adalah karena kondisi ini dapat meningkatkan kadar antibodi tertentu, yang diproduksi oleh sistem kekebalan tubuh untuk 'mengganggu' sperma sehat.

Baca juga: 5 Tanda Tubuh Pria yang Punya Sperma Sehat

(ajg/vit)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit