detikhealth

Fun Fact

Sepele, Tapi Kebiasaan Ini Tak Kalah Bahaya dari Serangan WannaCry

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Senin, 15/05/2017 20:29 WIB
Sepele, Tapi Kebiasaan Ini Tak Kalah Bahaya dari Serangan WannaCryFoto: 20detik
Jakarta, Serangan ransomware WannaCrypt atau WannaCry melumpuhkan komputer di tempat kerja Anda? Sementara teknisi bekerja untuk membereskannya, ambil sisi positifnya dengan beranjak dari meja kerja untuk sejenak melakukan aktivitas fisik.

Tanpa disadari, sebagian orang terutama para pekerja kantoran menghabiskan sebagian besar hidupnya untuk duduk di depan komputer. Kurangnya aktivitas fisik ketika duduk seharian membuat mereka rentan terhadap berbagai risiko penyakit mematikan, mulai dari diabetes hingga serangan jantung.

Sebuah penelitian di University of Warwick menyebut risiko penyakit kardiovaskular meningkat 0,2 persen setiap 1 jam tambahan waktu yang dihabiskan untuk duduk. Lingkar pinggang yang juga berhubungan dengan risiko sindrom metabolik, mengalami peningkatan rata-rata 2 cm.

Baca juga: Butuh Jalan Kaki Sejauh Ini untuk Imbangi Risiko Duduk Terlalu Lama

Jika risiko kematian dini dirasa terlalu ekstrem, dampak buruk pada penampilan mungkin bisa menggambarkan betapa buruknya dampak duduk terlalu lama. Pantat tepos dan melebar, adalah salah satu dampak yang tidak hanya mengganggu penampilan tetapi juga kesehatan. Penumpukan lemak yang lebih banyak di bagian tersebut sedikit banyak akan berpengaruh pada komposisi lemak tubuh secara keseluruhan.

Selain itu, otot-otot pantat atau gluteus muscles juga bisa mengalami 'gluteal amnesia'. Pada kondisi tersebut, otot-otot gluteus kehilangan sebagian fungsinya sehingga tidak bisa bekerja dengan optimal. Dampaknya antara lain dirasakan oleh tulang belakang serta sistem saraf di sekitarnya.

Sepele, Tapi Kebiasaan Ini Tak Kalah Bahaya dari Serangan WannaCryFoto: 20detik


Baca juga: Otot Pantat Juga Bisa Amnesia Akibat Terlalu Banyak Duduk

Lebih jauh tentang dampak buruk terlalu banyak duduk bisa disimak dalam video Fun Fact berikut ini:


(up/vit)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit
 
Must Read close