detikhealth

Apakah Pasien Hipertensi Harus Minum Obat Seumur Hidup?

Suherni Sulaeman - detikHealth
Selasa, 16/05/2017 10:05 WIB
Apakah Pasien Hipertensi Harus Minum Obat Seumur Hidup?Foto: thinkstock
Jakarta, Ketika didiagnosis dengan hipertensi, kebanyakan orang berpikir bahwa obat darah tinggi hanya perlu dikonsumsi ketika tensi tinggi. Kemudian saat turun, tidak perlu. Lantas bagaimana seharusnya?

"Obat darah tinggi harus diminum seumur hidup," ucap dr Prasna Pramita SpPD dari Mayapada Hospital Lebak Bulus, beberapa waktu lalu.

Menurut dr Mita, sapaan akrabnya, tekanan darah bisa naik turun sewaktu-waktu. Karena itu, lebih baik meminum obat secara rutin untuk mencegah meningkatnya tekanan darah.

Baca juga: Ini Jenis Makanan yang Perlu Dihindari Pasien Hipertensi

"Kalau tidak minum teratur, kita tidak mengetahui kapan tekanan darah kita akan naik atau tidak Jadi jangan bosan, harus terus diminum," tuturnya.

Lebih lanjut dr Mita menerangkan, seseorang yang pernah hipertensi meski sudah dikatakan normal tetap harus dikontrol dengan obat.

Walau demikian, seseorang dengan hipertensi jangan menghindari asupan garam. Sebab, kata dr Mita garam merupakan sumber tenaga.

"Garam tetap harus dimakan ya, sebab kalau tidak, tubuh menjadi lemas," pungkas dr Mita sembari menambahkan asupan garam pun jangan sampai berlebihan.

Baca juga: Apakah Kurang Tidur Bisa Memicu Darah Tinggi?

(hrn/vit)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit