detikhealth

Ini Alasan Baiknya Ibu Hamil Tunda Dulu Vaksinasi HPV

Radian Nyi Sukmasari - detikHealth
Selasa, 16/05/2017 11:33 WIB
Ini Alasan Baiknya Ibu Hamil Tunda Dulu Vaksinasi HPVFoto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta, Vaksinasi HPV (Human Papiloma Virus) efektif mencegah kanker serviks. Namun, jika wanita hendak melakukan vaksinasi, sebaiknya ditunda dulu jika dalam keadaan hamil. Mengapa?

Diungkapkan dr Kartiwa Hadi Nuryanto SpOG(K)Onk dari Divisi Onkologi Ginekologi Departemen Obstetri Ginekologi RS Cipto Mangunkusumo, konsepnya apabila seseorang divaksinasi, maka vaksin akan merangsang tubuh untuk menghasilkan antibodi.

Nah, antibodi itu, kata dr Kartiwa akan terbentuk dengan amat baik jika seseorang yang divaskin memiliki daya tahan tubuh atau imunitas yang baik. Sedangkan, pada saat hamil daya tahan tubuh ibu menurun.

"Seroang ibu hamil akan ngeluh cepat capek, pegal, ngantuk, itu artinya daya tahan tubunya tidak bagus. Sedangkan tujuan vaksinasi adalah membentuk antibodi untuk melindungi diri terhadap HPV," kata dr Kartiwa.

Baca juga: Studi Pastikan Vaksin Flu pada Ibu Hamil Tak Picu Autisme Anaknya

Ia menekankan, vaksinasi HPV tidak menimbulkan efek apa-apa terhadap janin. Namun, yang pasti tujuan supaya tubuh mendapat antibodi yang bagus tidak tercapai. Sehingga, dr Kartiwa menyarankan vaksinasi HPV dilakukan setelah ibu melahirkan. Terhadap proses menyusui, vaksinasi ini pun tidak memiliki dampak.

Layaknya pasca vaksinasi lainnya, setelah divaksin HPV bisa timbul efek seperti demam, nyeri di bagian yang disuntik, bengkak dan timbul ruam. Namun, dr Kartiwa menegaskan efek yang terjadi masih dalam batas normal.

"Sehingga efek yang disebutkan vaksinasi HPV bisa memicu kemandulan, menopause dini, itu tidak benar," tegasnya.

Baca juga: Penyesalan Ibu yang Tolak Vaksinasi Batuk Rejan Saat Hamil 28 Minggu

Ingin tahu lebih jauh tentang kanker serviks? Simak video Bincang Sehat berikut ini




(rdn/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit