detikhealth
Konsultasi Kedokteran Olahraga
dr. Michael Triangto, SpKO

Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga
Direktur Klinik Slim and Health di RS Mitra Kemayoran dan Mal Taman Anggrek Jakarta
Koordinator Kedokteran Olahraga di PB Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI)
Anggota Tim Ahli Persatuan Golf Indonesia (PGI)

Berat Badan Bertambah Serta Malas Olahraga, Apa Solusinya?

Suherni Sulaeman - detikHealth
Selasa, 16/05/2017 15:24 WIB
Berat Badan Bertambah Serta Malas Olahraga, Apa Solusinya?Foto: Thinkstock
Jakarta, Saya perempuan berumur dua puluh tahun dan kesibukan saat ini saya sebagai mahasiswi dan anak magang di salah satu kantor. Dan masalah saya saat ini adalah berat badan bertambah serta rasa kemalasan saya juga ikut meningkat.

Jadi setiap mau bangun pagi untuk olahraga saya malas sekali Dok, sedangkan kalau siang saya pasti beraktivitas seperti ke kampus atau ke kantor. Ada solusi nggak Dok olahraga apa yang mesti saya lakukan? Saya saat ini mengikuti tutorial olahraga via youtube yang dilakukan di rumah tapi saya justru pegal-pegal nggak bisa beraktivitas Dok. Terimakasih.

Putri (Perempuan, 20 tahun)

Jawaban

Dear Putri yang galau dengan berat badannya,

Mbak Putri, kesibukan hidup tidak boleh mengganggu kesehatan dan penampilan. Kesalahan yang paling sering dilakukan oleh seseorang yang ingin menurunkan berat badan adalah terlalu memaksakan diri untuk berolahraga seberat mungkin dengan harapan dapat melihat hasil yang cepat/instan. Kondisi inilah yang sering membuat banyak orang merasa galau karena olahraga tersebut tentunya membutuhkan waktu, persiapan, kelengkapan dan komitmen yang sangat serius.

Prinsip pertama yang perlu Putri ketahui bahwa olahraga untuk menurunkan berat badan haruslah berintensitas ringan dan tidak perlu dilakukan setiap hari. Bila Putri sebelumnya tidak pernah berolahraga maka melakukan jalan cepat selama 30 menit dengan frekuensi 3 seminggu sudah merupakan usaha yang bagus untuk memulai program penurunan berat badan. Karena itu berjalan disekeliling kampus ataupun melakukan jalan cepat di area sekitar kantor saat istirahat makan siang adalah alternatif yang dapat dilakukan.

Prinsip kedua adalah keinginan Putri tidak akan dapat diperolah semua dalam satu kesempatan, dengan demikian hindari bercita-cita mendapatkan penurunan berat badan sekaligus tubuh yang kencang, dada membusung, pinggang kecil dan bokong yang sexy.

Untuk menghindari otot menjadi bergelambir, Putri dapat melatih otot perut, lengan dan paha dengan menggunakan berat badan sendiri dan tentunya itupun dapat dilakukan dikursi kampus maupun kantor. Karena itu tingkatkan rasa percaya diri untuk secepatnya memulai berolahraga di sela-sela kesibukan Anda. Selamat mencoba.

dr. Michael Triangto, SpKO
Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga
Direktur Klinik Slim and Health di RS Mitra Kemayoran dan Mal Taman Anggrek Jakarta
Koordinator Kedokteran Olahraga di PB Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI)
Anggota Tim Ahli Persatuan Golf Indonesia (PGI)(hrn/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit