detikhealth

Rutin Yoga Bantu Atasi Stres dan Turunkan Berat Badan, Mau Coba?

Ajeng Anastasia Kinanti - detikHealth
Selasa, 16/05/2017 16:05 WIB
Rutin Yoga Bantu Atasi Stres dan Turunkan Berat Badan, Mau Coba?Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta, Selain bantu redakan dan cegah stres, rutin yoga juga berikan manfaat ekstra untuk bantu proses penurunan berat badan. Berminat mencoba?

Seperti laporan baru-baru ini yang dipublikasikan dalam Journal of Psychophysiology, tim peneliti dari Australia melakukan pengamatan terhadap 116 wanita yang mengalami stres setidaknya selama satu bulan. Sebagian dari wanita ini pun kemudian diikutsertakan dalam latihan yoga reguler, sementara sebagian lainnya tidak.

Dalam kelompok yoga, mereka diminta untuk menyelesaikan 16 kelas yoga yakni dua kali seminggu dengan masing-masing satu jam. Salah satu peneliti yang terlibat, Kaitlin N. Harkess, dari University of Adelaide, menyimpulkan bahwa kelompok wanita yang rutin yoga memiliki tingkat tekanan psikologis yang rendah.

Baca juga: Hebat! Usia 98 Tahun, Nenek Ini Masih Jadi Instruktur Yoga

Mereka juga memiliki tingkat emosi dan suasana hati yang lebih positif. Bahkan nyatanya, kelompok wanita yang rutin yoga juga mengalami kontrol berat badan yang lebih stabil serta ukuran pinggang yang lebih rendah.

Dari segi kadar tekanan darah dan suasana hati, kelompok wanita yang rutin yoga juga memiliki hasil yang lebih baik dibandingkan dengan mereka yang tidak melakukannya.

"Karena jumlah responden yang ada masih bisa dibilang sedikit, penelitian lebih lanjut masih diperlukan. Namun kami bisa katakan bahwa dengan rutin yoga emosi bisa lebih terkontrol dan kesehatan dari segi fisik juga menjadi lebih baik. Tak cuma mental, yoga juga baik bagi fisik," tutur Harkess, seperti dikutip dari Time.

Baca juga: Yoga Disebut Paling Efektif Redakan Gejala PMS


(ajg/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit