detikhealth

Kata Pembaca Tentang Kebiasaan Merokok Sambil Naik Motor

Suherni Sulaeman - detikHealth
Selasa, 16/05/2017 17:17 WIB
Kata Pembaca Tentang Kebiasaan Merokok Sambil Naik MotorFoto: Rangga Rahardiansyah
Jakarta, Naik motor sambil merokok saat ini seolah menjadi hal lumrah di jalan raya. Padahal bahanyanya bagi kesehatan sudah tercantum di bungkus rokok. Belum lagi, ada unsur keamanan berkendara yang juga perlu diperhatikan.

Tentu yang tak boleh luput dari perhatian adalah bara api yang terpercik saat merokok sambil naik motor. Kencangnya angin bisa menyebabkan bara api beterbangan tak tentu arah. Parahnya adalah jika bara api dapat terbang mengarah ke pengendara lain.

Seperti pria bernama Rendhy yang menjadi korban bara rokok. Belum lama ini ia mengunggah status di laman Facebook-nya dan postingan ini ia alamatkan untuk menyindir pengendara roda dua yang merokok.

Baca juga: Berbagai Alasan Orang Merokok Saat Berkendara

Terkait ini, detikHealth mengundang pembaca untuk berkomentar tentang kebiasaan buruk tersebut.

Dari hasil survei yang diperoleh, sebanyak 36 persen menyebut bahwa merokok saat mengendarai si kuda besi sebagai hal yang 'iseng-iseng saja' sambil menyusuri jalanan. Kemudian sebanyak 25 persen berpendapat bahwa dengan merokok dapat 'mengatasi kantuk saat berkendara' sehingga membantu untuk tetap fokus.

"Perlulah min, supaya dijalan ga ngantuk.. sama selipin teh gelas di dashbord, biar ada manis2nya gitu," tulis salah satu pembaca.

Lalu, sebanyak 20 persen mengatakan mengisap tembakau mampu menghilangkan rasa asam di mulut. Sebagian lain, yakni 19 persen beralasan mengendarai motor sambil merokok dapat menjadi solusi mengatasi kebosanan akibat macet di jalan raya.

Kata Pembaca Tentang Kebiasaan Merokok Sambil Naik MotorHasil survei pertama/Foto: Polling Twitter

Apa yang kamu lakukan saat melihat orang naik motor sambil merokok?

detikHealth juga mengajak pembaca untuk menyampaikan pendapatnya tentang apa yang sebaiknya dilakukan saat melihat pengendara motor yang merokok saat berkendara.

Hasil akhir yang diperoleh adalah sebanyak 36 persen pembaca memilih 'memandang sinis'. Sebanyak 36 persen memilih 'akting batuk atau menutup hidung' saat di hadapan pengendara tersebut.

Sementara 19 persen, pembaca memilih untuk 'menegur' sebagai aksi penolakan terhadap pengendara motor yang merokok. Kemudian sisanya, sebanyak 9 persen, pembaca memilih 'mengganti rokok dengan permen'.

Baca juga: Cerita Viral Pria yang Matanya Kena Bara Rokok Saat Bermotor

Kata Pembaca Tentang Kebiasaan Merokok Sambil Naik MotorHasil survei kedua/Foto: Polling Twitter
(hrn/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit