detikhealth
Konsultasi Seksologi
Dr. Andri Wanananda MS

Anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Asosiasi Seksologi Indonesia (ASI) serta pengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanegara Jakarta.
Artikel 18+

Tak 'Berdarah' Saat Malam Pertama, Bagaimana Menjelaskan pada Suami?

Selasa, 16/05/2017 18:17 WIB
Tak Berdarah Saat Malam Pertama, Bagaimana Menjelaskan pada Suami?Foto: ilustrasi/thinkstock
Dok, saya baru menikah dua bulan yang lalu. Tapi pada saat malam pertama saya tidak mengeluarkan darah. Suami saja mempertanyakan hal ini Dok. Sebelumnya saya belum pernah melakukan hubungan seks Dok. Apa yang harus saya katakan Dok? Saya juga bingung kenapa saya tidak berdarah. Mohon pencerahannya.

H (Perempuan, 21 tahun)

Jawaban

Hubungan intim pengantin baru, tidak mesti harus timbul bercak darah dari vagina, seperti yang Anda alami. Hal ini disebabkan: lubrikasi (pelendiran) vagina Anda saat foreplay amat optimal, disertai merekahnya rongga vagina, hingga penetrasi penis ke dalam vagina tidak sampai melukai selaput dara (hymen). Penyebab lain adalah selaput dara Anda amat elastis hingga tidak mudah tersayat saat penetrasi penis.

Masalahnya, di negeri ini keperawanan dikaitkan dengan timbulnya bercak darah vagina saat malam pengantin. Paham ini sungguh keliru, hanya mitos belaka, juga amat tidak menghargai kesetaraan gender. Mengapa tidak pernah dimasalahkan keperjakaan pria. Diharapkan suami Anda bisa memaklumi penjelasan ini.

Dr. Andri Wanananda MS
Anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Asosiasi Seksologi Indonesia (ASI) serta pengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara Jakarta.(hrn/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit