detikhealth

Ingat, Kontrasepsi Bukan Tanggung Jawab Wanita Saja

Firdaus Anwar - detikHealth
Selasa, 16/05/2017 18:32 WIB
Ingat, Kontrasepsi Bukan Tanggung Jawab Wanita SajaFoto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta, Berbicara soal kontrasepsi, ada pandangan umum di masyarakat Indonesia bahwa itu merupakan urusan atau tanggung jawab wanita. Padahal sebetulnya pria juga tak kalah berperan dalam hal tersebut.

Dijelaskan oleh seksolog dr Heru H. Oentoeng, SpAnd, dari RS Siloam Lippo Village bahwa ada kontrasepsi yang dapat digunakan oleh para pria. Namun memang ragam pilihannya lebih sedikit bila dibandingkan wanita.

"Kalau untuk laki-laki itu pilihannya cuma kondom atau vasektomi di mana dia dioperasi," kata dr Heru ketika ditemui di Empirica, SCBD, Jakarta Selatan, Selasa (16/5/2017).

Data dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) tahun 2012 menunjukkan hanya 4,7 persen pria yang menggunakan kontrasepsi. dr Heru mengatakan karena pilihan kontrasepsi yang sedikit tersebut mungkin yang membuat pria jadi malas untuk ikut berpartisipasi.

Baca juga: Unik! Saat Lahir Bayi Ini Genggam IUD Ibunya yang 'Hilang'

Namun yang perlu diketahui adalah kontrasepsi pria termasuk di antara jenis kontrasepsi yang aman. Dibandingkan dengan kontrasepsi pada wanita yang memengaruhi hormon seperti pil atau suntik, kontrasepsi pria minim efek samping.

Oleh karena itu menurut dr Heru perlu ada upaya edukasi dan promosi sehingga lebih banyak pria mau berpartisipasi.

"Padahal dia (kondom -red) salah satu kontrasepsi yang efektif, aman, dan nyaman. Supaya ada peningkatkan partisipasi pria untuk mengikuti keluarga berencana jangan dilimpahkan ke wanitanya saja seolah-olah 'hai ini tugas lu dong, lu yang hamil kok, lu yang pakai,'" ungkap dr Heru.

Baca juga: Vasektomi Tingkatkan Risiko Pria Kena Kanker Prostat?

(fds/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit