detikhealth

Saran Dokter Agar Tak Kelilipan Percikan Bara Rokok Saat di Jalan

Ajeng Anastasia Kinanti - detikHealth
Rabu, 17/05/2017 09:39 WIB
Saran Dokter Agar Tak Kelilipan Percikan Bara Rokok Saat di JalanFoto: Rangga Rahardiansyah
Jakarta, Kisah Rendhy Maulana yang matanya iritasi akibat terkena bara api rokok pemotor viral di Facebook. Agar kasus serupa tak menimpa Anda, yuk cegah dengan berkendara yang aman.

Salah satunya disebutkan oleh dr Surya Utama, SpM adalah dengan menggunakan helm. Jika perlu, gunakan helm dengan jenis full-face. Kalaupun Anda menggunakan helm yang bukan jenis full-face, maka pastikan helm Anda memiliki kaca pelindung.

Sayangnya, yang terjadi justru pengendara sepeda motor berkendara menggunakan helm, namun tidak menutup rapat kaca pelindungnya. Padahal menurut dr Surya, kebiasaan seperti ini berisiko mengganggu penglihatan. Tak cuma berisiko kena bara api dari pemotor lain yang merokok, membuka kaca helm juga bisa membuat penglihatan terganggu akibat paparan debu dan angin.

Baca juga: Cerita Viral Pria yang Matanya Kena Bara Rokok Saat Bermotor

"Selalu lindungi mata kita, yang merupakan panca indra penting titipan Yang Maha Kuasa, saat berkendara. Lakukan dengan menggunakan kacamata atau helm yang terdapat kaca pelindungnya," pesan dokter spesialis mata dari Eka Hospital Pekanbaru tersebut kepada detikHealth.

Jika memungkinkan, sediakan selalu air matang dan bersih saat bepergian, bisa juga dengan membawa air botol kemasan. Menurut dr Surya, air ini bisa Anda gunakan sebagai pertolongan pertama jika mata tiba-tiba terkena paparan bara api rokok. Termasuk jika Anda sedang naik motor, dan terkena bara api rokok pemotor lain, seperti yang dialami oleh Rendhy.

Sebelumnya dr Surya menjelaskan bahwa ketika mata tiba-tiba perih akibat terkena bara api rokok, maka tindakan pertama yang dianjurkan adalah membilasnya dengan air bersih dan matang. Hindari mengucek dan menyentuh bagian dalam mata dengan tangan secara langsung, sebab bisa membuat iritasi semakin parah.

Baca juga: Begini Pertolongan Pertama Jika Mata Kena Bara Api Rokok di Jalan (ajg/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit