detikhealth
Artikel 18+

Pakai Senyawa dari Tumbuhan, Kondom Ini Diklaim Lebih Efektif Hentikan Sperma

Firdaus Anwar - detikHealth
Kamis, 18/05/2017 07:13 WIB
Pakai Senyawa dari Tumbuhan, Kondom Ini Diklaim Lebih Efektif Hentikan SpermaFoto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta, Teknologi kontrasepsi di dunia terus berkembang. Para peneliti tak ada hentinya kerap melakukan inovasi mencari metode pengendalian kehamilan yang lebih efektif dan aman.

Seperti yang dilakukan oleh tim peneliti dari University of California, Amerika Serikat. Mereka dilaporkan tengah mengembangkan kondom berteknologi baru yang dalam waktu beberapa tahun ke depan bisa masuk ke tahap uji klinis.

Dipublikasi dalam jurnal Proceedings of the National Academy of Sciences, kondom yang dikembangkan menggunakan senyawa pristimerin dan lupeol yang ada pada tumbuhan. Tes dalam laboratorium menunjukkan kandungan kedua senyawa tersebut dapat menghentikan gerakan ekor sperma membuatnya tak bisa berenang maju mencari sel telur.

Baca juga: Wah, Kondom Pintar Ini Bisa Menilai Performa Bercinta

Polina Lishko selaku salah satu peneliti yang terlibat mengatakan hal tersebut terjadi karena hormon progesteron yang jadi pemicu gerakan sperma dapat dinetralisir oleh pristimerin dan lupeol. Efeknya sperma bisa berhenti namun tidak rusak.

"Ini tidak membunuh motilitas sperma. Tidak beracun untuk sperma; mereka masih bisa bergerak," kata Polina seperti dikutip dari BBC.

Lupeol sendiri diketahui ada pada mangga, akar dandelion, dan lidah buaya. Sementara itu pristimerin ada pada tumbuhan herba tripterygium wilfordii.

Peneliti menemukan kedua senyawa tersebut dapat bekerja dalam dosis yang rendah sehingga tak menimbulkan efek samping. Hanya saja yang jadi tantangan untuk para peneliti adalah keduanya sulit untuk dicari karena hanya ada dalam jumlah yang sangat sedikit pada tumbuhan.

Baca juga: Ceceran Sperma dari Kondom yang Lepas Tetap Bisa Buahi Sel Telur?

(fds/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit
 
Must Read close