detikhealth

Aturan Makan yang Penting Diketahui Pengguna Behel

Puti Aini Yasmin - detikHealth
Kamis, 18/05/2017 10:05 WIB
Aturan Makan yang Penting Diketahui Pengguna BehelFoto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta, Bagi pengguna behel alias kawat gigi, proses makan yang sembarangan bisa berisiko. Untuk itu, ada hal-hal yang penting diperhatikan.

drg Ahmad Syaukani, SpOrt selaku PDGI (Persatuan Dokter Gigi Indonesia) Cabang Jakarta Pusat mengatakan hal yang mesti diperhatikan pengguna behel saat hendak mengonsumsi makanan adalah cara mengonsumsi makanan tersebut. Sebab cara yang tidak tepat bisa menimbulkan risiko.

"Contohnya kalau makan keras itu kan nggak masalah yang penting cara makanya tepat dan dimodifikasi," ucap drg Kani kepada detikHealth baru-baru ini.

"Jadi misalnya mau makan buah yang keras seperti apel itu jangan dimakan langsung. Tapi potong kecil dulu baru masuk mulut, dikunyah," imbuh dokter yang praktik di Ciputra Medical Center (CMC).

Baca juga: Catat! Ini Pantangan yang Mesti Dihindari Usai Pasang Kawat Gigi

drg Kani melanjutkan, konsumsi makanan bisa berisiko jika seseorang mengonsumsi makanan langsung tanpa mengubah cara makannya. Misalnya menyebabkan lepasnya bracket pada kawat.

Lantas, adakah pantangan untuk jenis makanan? Menurut drg Kani setiap jenis makanan baik keras, lembek, panas dan dingin tidak masalah dikonsumsi pengguna behel. Asal tetap dikonsumsi sesuai aturan.

Baca juga: Adakah Batasan Umur untuk Memasang Kawat Gigi?(rdn/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit