detikhealth

Viral, Cara Ayah Tenangkan Bayinya dengan Teknik 'Om'

Radian Nyi Sukmasari - detikHealth
Kamis, 18/05/2017 11:33 WIB
Viral, Cara Ayah Tenangkan Bayinya dengan Teknik OmFoto: Facebook/ Daniel Eisenman
Jakarta, Menenangkan bayi yang menangis bisa jadi hal yang susah-susah gampang. Seperti yang dialami ayah bernama Daniel Eisenman yang mencoba menenangkan bayinya yang menangis dengan mengucapkan lantunan 'om'. Siapa sangka si bayi berhasil tenang dan cara Daniel ini jadi viral.

Pada tanggal 22 April lalu, Daniel mengunggah video saat ia melakukan Live Facebook. Klip berdurasi 43 detik itu menunjukkan bagaimana Daniel yang masih memakai penutup kepala berbaring di kasur sambil memeluk bayinya, Davina yang menangis. Daniel sempat menirukan tangisan Davina sejenak.

Kemudian, ia mengucapkan lantunan 'om' dengan nada rendah dan durasi cukup panjang. Siapa sangka, Davina perlahan mulai tenang, berhenti menangis, hingga akhirnya ia tertidur. Sampai saat ini, video tersebut sudah dilihat lebih dari 37 juta kali dan dibagikan lebih dari 387 ribu kalo. Sebanyak 68 ribu lebih komentar pun disampaikan netizen untuk aksi Daniel menenangkan sang putri.

Baca juga: Otak sedang Berkembang, Wajar Jika Bayi Baru Lahir Rewel di Malam Hari

"Ini karena suara tersebut persis seperti yang dia dengar di rahim...kencang dan konsisten. Good job dad," tulis Candace Garcia. Sementara, netizen bernama Sindhu Lai mengatakan inilah kekuatan dari vibrasi 'om' yang bisa menenangkan bayi dan sang ayah mampu mengalirkan energi positifnya ke sang bayi.

Kepada Today, Daniel mengatakan jika ia dan istrinya Diana serta teman-teman yoganya kerap melantunkan 'om' saat Davina di dalam kandungan. Bahkan, si kecil Davina lahir di ruang tamu dan selama proses itu, tengah diputar lantunan biksu Buddha Thailand.

"Itu adalah lantunan yang indah," ujar Daniel. Sementara, pelatih meditasi Dallisa Hocking mengatakan teknik 'om' bisa bekerja menenangkan bayi karena suaranya mirip dengan apa yang didengar bayi di dalam rahim. Mendengarkan lantunan 'om', kata Hocking bisa menenangkan sistem saraf dan pikiran seseorang, seperti meditasi. Sehingga, Hocking menganjurkan orang tua menggunakan teknik 'om' sebagai salah satu cara menenangkan bayinya.

Dihubungi detikHealth, Kamis (18/5/2017), dr Meta Hanindita SpA dari RSUD Dr Soetomo Surabaya mengatakan suara-suara yang terus-menerus dengan nada rendah memang bisa memenangkan anak. Sebab, suara seperti itulah yang mereka dengar ketika ada di rahim.

"Seperti suara detak jantung, aliran darah. Terus kalau di rumah kayak suara vacuum cleaner, 'sssssh' yang diucapkan ibu, hair dryer," ujar dr Meta.

Baca juga: Saat Bayi Rewel, Bersenandung Lebih Menenangkan Dibanding Mengajak Bicara

Nah, berikut ini aksi Daniel ketika menenangkan si kecil Davina:




(rdn/vit)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit