detikhealth

Junk Food Bisa Tampak Lebih Menggoda Ketika Kurang Olahraga

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Jumat, 19/05/2017 08:06 WIB
Junk Food Bisa Tampak Lebih Menggoda Ketika Kurang OlahragaFoto: Thinkstock
Jakarta, Seberapa rajin seseorang berolahraga bisa dilihat juga dari selera makannya. Makin mudah tergoda oleh junk food dan makanan berlemak, tandanya seseorang kurang serius berolahraga.

Ini terungkap dalam sebuah penelitian di University of Leeds. Sebanyak 180 partisipan dilibatkan dalam penelitian yang dipresentasikan di European Congress on Obesity tersebut.

Tingkat kebugaran para partisipan diukur dengan tes kardiorespiratori di laboratorium. Mereka juga menjalani pemeriksaan body mass composition dan laju metabolik. Makin bagus angkanya, tandanya seseorang makin rajin olahraga.

Selanjutnya, para partisipan menjalani pengamatan intensif selama dua hari untuk melihat nafsu makannya. Hasilnya, partisipan dengan level kebugaran tinggi mengalami ketertarikan 10-15 persen lebih rendah terhadap makanan berlemak.

Baca juga: Tak Bisa Berhenti Makan Alias Ketagihan? Kata Pakar, Ini Pemicunya

"Apa yang kami temukan di sini adalah hubungan nyata antara aktivitas fisik sedang hingga berat dengan keinginan untuk menyantap makanan tinggi lemak," kata Dr Graham Finlayson yang memimpin penelitian tersebut, dikutip dari The Telegraph.

Dalam eksperimen lainnya, para peneliti mendapati hubungan antara level kebugaran dengan perilaku makan berlebihan. Partisipan yang rajin berolahraga, cenderung menyantap porsi makan yang lebih sedikit dibanding partisipan dengan level kebugaran yang lebih rendah.

Baca juga: 4 Makanan yang Tak Disangka-sangka Memiliki Indeks Glikemik Tinggi

(up/vit)


 
Foto Terkait

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit