detikhealth

Konsultasi Umum
dr. Dito Anurogo

Penulis 17 buku dan sedang studi S2 Ilmu Kedokteran Dasar dan Biomedis FK UGM Yogyakarta.

Sering Kentut, Tanda Penyakit Apa?

Suherni Sulaeman - detikHealth
Jumat, 19/05/2017 17:17 WIB
Sering Kentut, Tanda Penyakit Apa?Foto: thinkstock
Jakarta, Beberapa tahun belakangan ini saya suka sekali mengalami perut kembung dan kentut Dok. Saya pernah dengar normalnya kentut dalam sehari hanya dua puluh lima kali. Tapi saya bisa lebih dari itu Dok. Saya belum pernah periksa juga. Apakah ada yang salah dengan tubuh atau usus saya Dok? Mohon penjelasannya terimakasih.

RW (Perempuan, 21 tahun)

Jawaban

Kentut adalah pembentukan gas berlebihan di saluran pencernaan dan usus, dilepaskan melalui anus. Komponen utama kentut adalah gas yang tidak berbau, seperti oksigen, hidrogen, nitrogen, karbondioksida, methane. Sebagian besar orang memproduksi gas alias kentut 1-3 kali per hari, dan dalam sehari total sekitar 14 kali.

Kalau kentut lebih dari 20 kali per hari maka disebut oleh beberapa peneliti sebagai kondisi yang berlebihan alias patologis. Meskipun demikian, buang gas atau kentut yang berlebihan jarang sekali digunakan oleh dokter atau tim medis untuk mendeskripsikan suatu penyakit.

Berbagai literatur kedokteran menyebutkan bahwa kentut merupakan gejala dari pelbagai penyakit atau problematika kesehatan, misalnya kanker ovarium, defisiensi asam lambung, intoleransi laktosa, penyakit Crohn, blastositosis, Giardia, rendahnya enzim pencernaan, gangguan sistem pencernaan. Untuk memastikan diagnosisnya, maka tentu harus memeriksakan diri ke dokter.

Demikian penjelasan ini, semoga memberikan solusi.

Dokter Dito Anurogo, penulis 18 buku, S-2 IKD Biomedis FK UGM Yogyakarta.(hrn/vit)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit
 
Must Read close