detikhealth

Nafsu Makan Naik Jelang Haid, Pertanda Gangguan Hormonal?

Ajeng Anastasia Kinanti - detikHealth
Jumat, 19/05/2017 17:33 WIB
Nafsu Makan Naik Jelang Haid, Pertanda Gangguan Hormonal?Foto: Thinkstock
Jakarta, Salah satu hal yang biasanya dirasakan oleh wanita jelang periode haid adalah naiknya nafsu makan. Meski baru saja makan, seringkali Anda merasa masih ingin makan dan ngemil lagi.

Tak jarang, selama periode haid berat badan jadi naik, kemudian berangsur-angsur akan turun kembali pasca haid selesai. Hmm, sebenarnya wajarkah kondisi seperti ini?

Menurut nutrisionis Lagizi, Jansen Ongko, MSc, RD, kondisi ini merupakan sesuatu yang wajar dan tak perlu dikhawatirkan berlebihan. Lapar berlebih jelang periode haid memang terjadi karena perubahan hormon, tapi bukan pertanda masalah.

Baca juga: 5 Asupan Ini Diyakini Bikin Nyamuk Ogah Mendekat

"Ini terjadi karena ada perubahan hormon yang juga dapat membuat tubuh wanita mengikat air lebih banyak. Jadi tidak usah panik kalau berat badan naik cukup banyak. Ini proses yang wajar. Berat badan biasanya akan kembali normal saat siklus bulanan selesai," ungkap Jansen dalam bukunya: 'Fit Teen's Diary'.

Hal serupa juga diungkapkan sebelumnya oleh dr Grace Judio-Kahl, MSc. Ia membenarkan bahwa perubahan hormonal ini adalah sesuatu yang wajar dan bukan masalah yang berat. Selain bikin nafsu makan naik, perubahan hormonal ini juga kerap membuat wanita menjadi lebih emosional dan menjadi mudah kembung. Kadang-kadang muncul juga rasa nyeri dan tak nyaman di area perut.

"Tubuh saat itu kan sedang persiapan, siapa tahu akan tumbuh bayi, eh tapi ternyata tidak jadi. Biasanya dua pekan sebelum haid perubahan hormon yang terkait dengan nafsu makan dan emosi ini akan berubah," imbuh dr Grace.

Yang perlu Anda perhatikan adalah bagaimana caranya mengontrol kenaikan nafsu makan tersebut, supaya berat badan tak kebablasan naik terlalu banyak. Beberapa tips yang dianjurkan oleh Jansen adalah dengan menghindari junk food, meningkatkan konsumsi lemak sehat dan memenuhi gizi penting seperti zat besi.

"Misalnya dari sumber seperti daging dan kacang-kacangan. Ini dibutuhkan tubuh untuk membentuk sel darah merah," pesan Jansen.

Baca juga: Ganti Makanan dengan Jus Buah Bisa Bantu Turunkan Bobot? Cek Faktanya


(ajg/vit)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit
 
Must Read close