detikhealth

Apa Rencana Anda di Akhir Pekan Ini?

Suherni Sulaeman - detikHealth
Jumat, 19/05/2017 18:35 WIB
Apa Rencana Anda di Akhir Pekan Ini?Foto: Thinkstock
Jakarta, Setelah melewati 5 hari kerja keras bagai kuda, akhirnya tibalah akhir pekan yang ditunggu-tunggu untuk bersantai dan menyegarkan kembali pikiran yang telah dikuras selama Senin sampai Jumat.

Nah, terkait dengan hal ini, detikHealth kembali menggelar survei kecil-kecilan untuk mencari tahu apa yang dikerjakan pembaca untuk mengisi akhir pekannya. Apa saja? Yuk simak!

Dari hasil yang diperoleh melalui polling Twitter, pembaca paling banyak memilih beres-beres rumah, yakni dengan persentase 39 persen.

Beres-beres rumah mungkin terdengar berat dan memakan tenaga. Tapi ada beberapa manfaat yang bisa diambil dari kegiatan ini. Pertama, tentu saja rumah Anda akan lebih bersih dan rapi. Kedua, Anda akan lebih mengapresiasi barang-barang yang ada di rumah Anda.
Apa Rencana Anda di Akhir Pekan Ini?Foto: Twitter/detikHealth

Baca juga: 4 Cara Unik untuk Usir Stres di Akhir Pekan

Sementara itu, di peringkat kedua, sebanyak 31 persen pembaca menjatuhkan pilihannya pada olahraga. Penelitian yang dimuat di JAMA Internal Medicine tersebut membuktikan bahwa orang yang berolahraga hanya di akhir pekan punya risiko 30 persen lebih rendah untuk meninggal di usia dini. Artinya, meski hanya sekali, olahraga di akhir pekan tetap memberikan manfaat dibandingkan tidak melakukannya sama sekali.

Kemudian, dengan persentase sebanyak 18 persen pembaca memilih jalan-jalan ke mal saat akhir pekan. Meski dinilai bisa merogoh kocek lebih dalam, tapi hal yang satu ini tetap membuat sehat kok. Seperti Anda ketahui mal umumnya cukup besar, sehingga berjalan-jalan menjelajah mal bisa menjadi kegiatan jalan kaki yang menyenangkan.

"Olahraga jalan kaki bisa Anda lakkan saat berada di mal, Jalan kaki dapat meningkatkan denyut jantung dan membakar kalori," kata Jeff Cwynar, president of Pro Fitness of New Castle, Inc,. New Castle, Pennysylvania, seperti dikutip dari Readers Digest.

Terakhir, sebanyak 12 persen pembaca memilih berkebun. Menurut studi yang dilakukan oleh peneliti dari universitas Westminster dan Essex di Inggris, cukup 30 menit berkebun dalam seminggu saja sudah dapat meningkatkan kesehatan mental seseorang, yaitu bisa memperbaiki suasana hati serta meningkatkan kepercayaan diri.

Tetap sehat di akhir pekan ya!

Baca juga: Langkah-langkah Memaksimalkan Akhir Pekan di Rumah Bersama Pasangan

(hrn/vit)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit