detikhealth

Terinspirasi Kartun Favorit, Bocah Ini Selamatkan Ibunya yang Pingsan

Rahma Lillahi Sativa - detikHealth
Jumat, 19/05/2017 20:09 WIB
Terinspirasi Kartun Favorit, Bocah Ini Selamatkan Ibunya yang PingsanFoto: Facebook/Gemma Harris
Jakarta, Usianya masih lima tahun, namun Alfie Harris memiliki inisiatif yang luar biasa untuk menolong sang ibu. Hari itu, tepatnya pada bulan November 2016, ia menemukan ibunya tak sadarkan diri setelah terjatuh dari tangga.

Sang ibu, Gemma sedang bersih-bersih rumah di lantai atas. Begitu selesai, ia turun ke bawah mengecek putranya, Alfie yang kebetulan sedang tak enak badan.

Tanpa sengaja wanita berusia 30 tahun itu menginjak celana joggingnya sendiri lalu terjerembab dan terjatuh dari atas tangga. Kemudian kepalanya terbentur pegangan tangga.

"Saya ingat sempat meneriakkan nama Alfie ketika terjatuh, tetapi saya tak ingat apa-apa lagi setelahnya," kisahnya.

Setengah tak sadarkan diri, samar-samar Gemma masih bisa mendengar suara Alfie berbicara di telepon. Secara mengejutkan, ia memanggil ambulans untuk meminta bantuan. Sayup-sayup Gemma mendengar Alfie berkata: 'Ibu saya terdiam dan tak bisa bergerak'.

Belakangan Gemma tahu bahwa kemampuan itu dimiliki putranya karena menonton kartun kesayangannya, Fireman Sam.

"Memang ada episode di mana mereka membicarakan tentang menghubungi 999 dan bagaimana ambulans akan datang untuk membantu mereka yang mengalami musibah," lanjutnya.
Cuplikan artikel tentang tindakan heroik Alfie di media lokal (Foto: Facebook/Gemma Harris)Cuplikan artikel tentang tindakan heroik Alfie di media lokal (Foto: Facebook/Gemma Harris) Foto: Facebook/Gemma Harris

Baca juga: Kisah Anak yang Turunkan Bobot 10 Kg Demi Bisa Jadi Donor Hati untuk Ayahnya

Tim medis pun datang menjemput Gemma. Alfie bahkan sempat menawarkan bantuan kepada mereka. Tetapi kemudian Alfie dibawa oleh kakek neneknya jauh dari rumah sakit agar tidak timbul trauma.

Untungnya Gemma tak mengalami cedera serius. Ia sudah diperbolehkan pulang hari itu juga dengan dibawakan sejumlah obat pereda nyeri.

"Kalau bukan karena Alfie, saya tak tahu harus bagaimana lagi. Saya sendiri tak sanggup berdiri dan mengambil telepon," ungkapnya seperti dilaporkan The Sun.

Gemma juga ingat ketika keluar dari rumah sakit dan berjumpa lagi dengan Alfie. Bocah asal Sleaford, Lincolnshire itu memeluk Gemma perlahan karena takut menyakiti sang ibu.

"Saya bilang kepadanya bahwa saya berhutang budi padanya tetapi ia tak menyadarinya sama sekali. Yang terpenting bagi saya, ia tidak merasakan trauma atas apa yang terjadi," tuturnya.

Ia pun berharap tayangan edukasi seperti Fireman Sam yang kerap ditonton putranya juga menginspirasi anak-anak lain agar mereka bisa berbuat sesuatu saat terjadi kegawatdaruratan di rumah mereka.
Terinspirasi Kartun Favorit, Bocah Ini Selamatkan Ibunya yang PingsanFoto: Facebook/Gemma Harris

Baca juga: Kisah Bocah Heroik, Kecil-kecil Sudah Bisa Selamatkan Nyawa Orang Lain(lll/vit)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit