detikhealth

Tubuh Lelah Tak Selalu Bisa Diatasi dengan Minuman Energi

Ajeng Anastasia Kinanti - detikHealth
Sabtu, 20/05/2017 11:06 WIB
Tubuh Lelah Tak Selalu Bisa Diatasi dengan Minuman EnergiFoto: Thinkstock
Jakarta, Saat tubuh lelah dan banyak aktivitas, tak jarang orang mengambil jalan pintas mengatasinya dengan meminum minuman energi. Kata pakar, cara ini tak selalu efektif.

Seperti disampaikan oleh Jansen Ongko, MSc, RD dalam bukunya: 'Fit Teen's Diary', tubuh yang kelelahan akibat berolahraga atau setelah beraktivitas berat tidak dapat diatasi hanya dengan mengonsumsi minuman energi.

Minuman jenis ini umumnya mengandung gula cukup tinggi atau komponen tertentu lainnya yang bersifat stimulan. Maka dari itu, tak melulu saat kelelahan maka tubuh akan langsung kembali berenergi hanya dengan mengonsumsi minuman ini.

Baca juga: Kata Pakar, Begini Aturan Minum Kopi untuk Pengidap Sakit Mag

"Selalu memaksakan tubuh untuk bekerja dalam jangka panjang dapat menjadi berbahaya dan berakibat fatal. Jika sudah kelelahan sebaiknya luangkan waktu untuk sejenak beristirahat," pesan nutrisionis Lagizi tersebut.

Selain minuman energi, minuman lain yang juga sering diandalkan saat tubuh drop dan kelelahan adalah kopi. Peneliti dari University of Georgia pun menyebutkan bahwa kebiasaan ini kurang dianjurkan.

Dikutip dari Men's Fitness, penelitian yang dilakukan oleh Patrick J O'Connor dari University of Georgia menemukan bahwa dibandingkan mengonsumsi kopi atau minuman energi, untuk mengembalikan energi tubuh saat kelelahan Anda lebih dianjurkan untuk naik turun tangga selama 10 menit.

Dalam percobaan tersebut, 18 partisipan diminta meminum kapsul yang mengandung kafein atau plasebo di dua hari yang terpisah, lalu di hari lain mereka diminta naik turun tangga selama 10 menit dengan kecepatan rendah. Setelah dibandingkan, efek positif lebih tampak pada partisipan yang naik turun tangga, dibandingkan pada mereka yang mengonsumsi kafein.

Baca juga: Efek Hobi Minum Cofftea Alias Kopi Campur Teh Bagi Tubuh

(ajg/vit)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit
 
Must Read close