detikhealth
Konsultasi Psikologi Seks dan Perkawinan

Artikel 18+

Cara Memberi Pengertian pada Istri Tentang Kebutuhan Seks Suami

Suherni Sulaeman - detikHealth
Sabtu, 20/05/2017 17:07 WIB
Cara Memberi Pengertian pada Istri Tentang Kebutuhan Seks SuamiFoto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta, Mbak saya suka bingung dengan istri saya. Saya seorang pegawai di sebuah perusahaan media, yang kerjanya tak mengenal waktu. Ketika saya butuh sesuatu yang menyenangkan dan menenangkan pikiran seperti berhubungan seks, istri saya tidak serta merta mengabulkan keinginan saya. Kebetulan kami sama-sama bekerja di media, tapi berbeda perusahaan. Bagaimana cara memberinya pengertian Mbak? Apa saya harus memaksa?

A (Laki-laki, 25 tahun)

Jawaban

Dear Mas A,

Berhubungan seks dengan pasangan memang dapat membantu meredakan ketegangan. Dalam pernikahan, adanya bentuk keintiman dalam hal seks memang penting, tetapi bukan satu-satunya hal yang penting. Adanya komitmen, kepercayaan dan rasa saling menghormati yang juga dibutuhkan untuk dapat menjalin relasi pernikahan yang sehat. Jika Anda memaksakan keinginan Anda kepada pasangan, menurut Anda, seberapa sehatkah pernikahan Anda?

Untuk dapat memberi pengertian kepada pasangan, hal yang perlu Anda lakukan terlebih dahulu adalah mengerti dan memahami apa yang membuat pasangan 'menolak' Anda. Bicarakan terlebih dahulu dengan pasangan, apa yang membuat ia menolak Anda. Beberapa alasan yang mungkin terjadi adalah kelelahan, libido yang berbeda kebutuhannya dengan pasangan, kurangnya foreplay, tidak nyaman ketika berhubungan, kebosanan, dsb.

Jika Anda membutuhkan seks untuk menyenangkan dan menenangkan pikiran, ada baiknya juga Anda mengetahui apa yang menyenangkan dan menangkan pikiran istri. Tidak semua perempuan bisa seperti saklar yang dapat dinyalakan atau dimatikan kebutuhan seks-nya kapanpun suami membutuhkan. Terkadang butuh foreplay yang panjang untuk bisa mendapatkan hubungan seks yang sama-sama membuat kedua belah pihak merasa nyaman. Misalnya, jika pasangan menolak karena kelelahan, Anda bisa memulainya dengan pijatan-pijatan ringan yang membuat ia merasa nyaman, dsb.

Adanya perubahan dalam cara mengkomunikasikan kebutuhan seks biasanya membantu pasangan untuk memiliki hubungan seks yang lebih sehat. Adanya perasaan dicintai bukan hanya sebagai obyek 'pelampiasan' stres, biasanya membuat istri juga lebih memiliki keinginan untuk memenuhi kebutuhan pasangannya.

Wulan Ayu Ramadhani, M. Psi
Psikolog Perkawinan dan Keluarga di Klinik Rumah Hati
Jl. Muhasyim VII no. 41, Cilandak, Jakarta Selatan
Twitter: @wulanayur dan @twitpranikah
http://pranikah.org/(hrn/vit)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit